Translate

Usia pakai aki Motobatt MTZ5S

Artikel iki mengulas singkat hasil review aki motobatt MTZ5S, yang digunakan untuk dua model sepeda motor yang berbeda. Kedua sepeda motor juga memiliki karakteristik pengoperasian yang berbeda. Sebagai data pendukungnya, motohoby menggunakan referensi dan  data spesifikasi dari berbagai sumber online.

Berdasarkan informasi dari laman motobatt.co.id, aki motobatt MTZ5S merupakan tipe aki gel yang direkomendasikan untuk kebutuhan sehari-hari di iklim panas. Bertegangan 12 volt, dengan kapasitas 4,2 Ah dan kapasitas cold cranking sebesar 70. Aki ini cocok untuk sepeda motor yang mengharuskan dimensi aki dengan panjang=113mm, lebar=70mm, dan tinggi=86mm. Setidaknya ada 34 model sepeda motor yang bisa menggunakan aki ini (data ketika blog ini dibuat_25 februari 2023).

Berikut adalah resume review usia pakai motobatt MTZ5S:

1. Aki nomer satu bisa digunakan selama 3,11 tahun. Sementara aki nomer dua bisa digunakan untuk 2,05 tahun.
Dari kedua tabel berikut, motohoby menyimpulan bahwa kedua aki motobatt MTZ5S mendapatkan tegangan pengisian yang berbeda, dan lama waktu pengisian (lama berkendara) yang berbeda. Sehingga usia pakai kedua aki tersebut berbeda cukup jauh, yakni selisih 1,05 tahun atau selisih 385 hari.

2. Kedua model sepeda motor di dalam tabel memiliki spesifikasi output kiprok tegangan pengisian yang berbeda, dimana model pertama menghasilkan tegangan 15,5 volt, dan model kedua menghasilkan tegangan pengisian sebesar 14,9 volt
3. Kedua model sepeda motor di dalam tabel juga memiliki durasi pengendaraan yang berbeda. Model pertama rata-rata digunakan berkendara selama 3 jam per hari non stop. Sementara sepeda motor model kedua digunakan berkendara selama rata-rata 1 jam mesin mati dan hidup.
4. Kode tanggal aki motobatt adalah kode yang tercetak dibagian atas body aki. Kode yang ada ditabel ini adalah kode aki lama, sebelum penggantian aki baru. 

Semoga bermanfaat, salam (PRO

tabel usia pakai aki motobatt MTZ5S

tabel kondisi pengoperasian kedua sepeda motor pembanding




Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi