Translate

Cara kerja kiprok Honda beat PGM-FI

Kiprok atau rectifier dalam sebuah kendaraan bermotor berfungsi untuk merubah bentuk gelombang listrik AC menjadi gelombang DC. Arus AC di hasilkan oleh alternator atau generator atau ACG (AC generator) ketika engine bekerja.  
Meskipun terdengar sederhana tugas kiprok ini, namun kenyataanya dibutuhkan kualitas komponen penyusun yang sangat rumit dan memiliki durabilitas superior. Ketika rectifier bekerja merubah gelombang AC menjadi DC, panas akan timbul dan akan semakin panas jika bekerja dalam waktu lama, panas inilah yang akan mengurangi karakteristik sebuah komponen elektronika yang terbuat dari bahan semi conductor (rectifier adalah semi conductor). Semakin lama komponen-komponen ini mengalami panas, semi conductor tersebut akan menjadi conductor atau bahkan isolator yang akhirnya sebuah rectifier gagal dalam menjalankan fungsinya. 

Arus DC yang keluar dari kiprok akan digunakan untuk mensuplai semua kebutuhan listrik di dalam kendaraan setelah engine hidup. Cukup banyak kebutuhan listrik ketika engine hidup yang harus disuplai cukup dan stabil oleh alternator dan kiprok ini, jadi menurut saya kiprok dan alternator di dalam kendaraan tidak hanya berfungsi untuk mengisi ulang (re-charging) baterai, lebih dari itu fungsinya lebih vital sebagai power suplai kelistrikan bagi semua komponen yang membutuhkan, termasuk ECU ketika arus dari baterai tidak mencukupi. Sehingga jika terjadi permasalahan di dalam kiprok dan alternator ini mungkin secara langsung akan menggangu performance sistem-sistem terkait, bahkan berpotensi merusak komponen (akibat over voltage) seperti ECU, baterai, dan lampu.

Refresh mengenai fungsi kiprok dan alternator diatas menjadi prolog pada tulisan ini.

Next...

Jika melihat bentuk fisik kiprok pada honda beat injeksi, cukup identik dengan produk yang dihasilkan oleh SHINDENGEN ELECTRIC MANUFACTURING CO., LTD di laman https://www.shindengen.com/products/electro/motorcycle/reg/  


Kiprok honda beat Fi - Shindengen
Sehingga jika ini benar maka kiprok pada honda beat injeksi merupakan tipe AC/DC valve control regulator/ rectifier
Regulator / penyearah ini mengisi ulang baterai selama siklus positif pada output ACG, dan menyalakan katup lampu kepala selama siklus negatif. Dengan mengoptimalkan kontrol katup lampu kepala, efisiensi output ACG dapat di tingkatkan. Terdapat capacitor electrolyte terpasang di dalam terminal power suplai untuk sistem Fi (ECU), yang memungkinkan sistem injeksi bahan bakar tetap dapat bekerja meskipun tanpa baterai"


input-output soket kiprok honda beat injeksi

Berikut ilustrasi singkat cara kerja kiprok tipe AC/DC valve control, untuk memudahkan pemahanan pembaca pintar sekalian mungkin juga perlu membuka blog singkat saya yang lain tentang SCR, rectifier, juga cara cek kiprok yang rusak beserta solusinya.
Terimakasih telah mampir. (PRO)
Cara kerja kiprok honda beat injeksi-AC/DC valve control


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi