Translate

Filamen lampu depan Honda beat PGM-FI cepat putus, kenapa ?

Halo pembaca, melanjutkan blog sebelumnya tentang Kiprok honda beat injeksi, kali ini saya akan mengulas penyebab lampu depan/ lampu utama Honda beat Fi mudah putus.Pengalaman ini saya bagi dengan kalian yang mungkin cukup dipusingkan dengan sering putusnya lampu depan Honda beat Fi dan sekaligus solusi yang sudah saya lakukan, semoga bermanfaat. 
Secara teori, putusnya filament di dalam lampu depan Honda beat Fi diakibatkan oleh overheat pada filament lampu, overheat ini bisa disebabkan oleh:
  1. Over voltage (tegangan berlebihan) pada suplai lampu 
  2. Masa pakai lampu sudah tercapai.
Pada kasus yang saya alami, penyebab putusnya filament pada Honda beat F1 saya adalah kelebihan tegangan (over voltage). 
Berdasarkan pemeriksaan dengan Multimeter, terukur tegangan yang masuk pada lampu lebih 14 volt ketika mesin langsam/ idle dan lebih dari 30 volt ketika rpm engine di tambah


Kelebihan tegangan suplai pada lampu ini adalah akibat dari rusaknya rangkaian suplai lampu di dalam kiprok. Rusaknya rangkaian ini tidak mengganggu rangkaian lain di dalam kiprok. 
Seperti yang sudah ditulis pada blog Kiprok honda beat injeksi, kiprok berfungsi untuk mensuplai listrik untuk lampu kelistrikan setelah mesin hidup, termasuk di dalamnya adalah ECU injeksi dan lampu depan/ lampu utama. 
Saya pun membeli kiprok baru dengan harapan masalah Lampu depan Honda beat Fi sering ganti teratasi, dan karena mahalnya harga kirok original maka saya membeli kiprok KW seperti yang sudah di tulis pada blog Kiprok honda beat injeksi. Wal hasil, saya tidak puas dengan performa kiprok KW tersebut karena nyala lampu berkedip sesuai rpm engine.
 Prediksi saya, jelas hal inilah yang membedakan kualitas kiprok KW dengan ORI, yakni tegangan output menuju lampu maupun ECU/ baterai tidak sama stabilnya. Tapi saya ingin tetap menggunakan kiprok KW tersebut karena bagaimanapun harganya cukup mahal (Rp. 180.000) untuk dimanfaatkan sistem suplai lampunya saja sementara untuk suplai ECU/ baterai tetap saya manfaatkan kiprok ORI. 
Lantas saya bereksperimen dengan beberapa alternatif sebagai berikut:

  1. Saya meggunakan kiprok lama untuk dimanfaatkan suplai ECU nya yang stabil, dan lalu menyambung seri pin kiprok untuk lampu ke pin suplai + kiprok KW dan menyambung output lampu kiprok KW ke lampu hasilnya = lampu tetap berkedip dan bahkan lebih redup
  2. Masih meggunakan kiprok lama untuk dimanfaatkan suplai ECU nya yang stabil, dan lalu menyambung seri pin kiprok untuk lampu ke pin suplai + kiprok KW dan menyambung output menuju ECU/ Baterai kiprok KW ke lampu hasilnya = lampu tetap berkedip dan bahkan lebih redup 
  3. Saya merangkai paralel suplai dari generator ke kedua kiprok (ORI rusak + KW baru), kemudian menyambung output lampu dari kiprok KW ke lampu, hasilnya = lampu menyala terang dan tidak berkedip sesuai rpm engine (lihat diagram dibawah), dan terukur tegangan suplai lampu dari kiprok KW sebesar 14 volt STABIL. 
Demikian, semoga tulisan ini bermanfaat, sampai jumpa di tulisan berikutnya.(PRO)

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi