Translate

Penyebab mesin Yamaha Soul GT 2013 tiba-tiba mogok

Hai Gaes, jumpa lagi di blog motohoby.
Kali ini akan saya ulas mengenai analisis saya terkait dengan problematika yang pernah saya alami dengan Yamaha Soul GT 2013, yang ternyata cukup banyak dialami pula oleh pengguna motor ini (menurut hasil research via google per 15 januari 2021, sekitar 29.600 artikel ditemukan terkait dengan kondisi tersebut).
Berdasarkan sampling dari beberapa artikel tersebut dapat saya simpulkan bahwa menurut penulis-penulisnya, penyebab yamaha soul gt tiba-tiba mogok adalah adanya gangguan pada sistem pengapian dan adanya gangguan pada sistem injeksi bahan bakar. Menariknya kasus ini adalah bahwa gejalanya sama tapi solusinya berbeda-beda. Jadi memang dibutuhkan pengetahuan tentang sepeda motor yang mencukupi untuk bisa menghasilkan solusi tepat terkait dengan kejadian yamaha soul gt tiba-tiba mogok.

Motohoby punya analisis dan solusi sedikit berbeda dengan artikel-artikel tentang mesin Yamaha Soul GT tiba-tiba mogok yang pernah diulas dan secara subjektif itu terbukti hingga sekarang yang tak pernah lagi mengalamai kejadian Yamaha Soul GT 2013 tiba-tiba mogok. 
Jika mesin Yamaha Soul GT 2013 tiba-tiba mogok setelah dipakai berkendara dalam waktu tertentu (misalkan sejam berkendara stop & go) dan sulit sekali dihidupkan lagi mesinnya, maka matikan kunci kontak dan biarkan suhu mesin turun dari kondisinya yang panas (sepengalaman motohoby ini membutuhkan waktu lebih dari 15 menit). Lalu coba hidupkan kembali dengan cara kick starter maupun pakai tombol starter.
Analisis motohoby, setelah yamaha soul gt digunakan dalam kondisi stop &go secara kontinue dalam waktu yang relatif lama terjadi peningkatan suhu internal mesin yang relatif cepat dan kemampuan sistem pendinginan udara dari kipas pendingin tidak mencukupi, sehingga pemuaian silinder melebihi batasnya dan akhirnya tercipta clearance yang cukup besar antara ring piston dan silinder dan walhasil tekanan kompresi bocor dan mesin gagal hidup. Lebih lanjut, kondisi pengendaraan stop & go akan sangat membutuhkan bantuan pendinginan dari oli mesin karena sistem pendingin udara bekerja kurang maksimal, karenanya kualitas oli mesin yang terjaga dalam kondisi baik menjadi keharusan untuk mencegah Yamaha Soul GT 2013 tiba tiba mogok. 
Artinya, untuk kasus mesin Yamaha Soul GT 2013 tiba-tiba mogok ini mungkin saja banyak terjadi untuk kondisi operasi stop & go dan keterlambatan penggantian oli mesin atau pemilihan kualitas oli mesin yang tidak sesuai rekomendasi.

Jadi sekali lagi penting untuk memperhatikan kembali penggantian oli mesin secara teratur dengan spek oli sesuai rekomendasi. Meskipun "degradasi kualitas oli" ini bukan satu-satunya penyebab mesin Yamaha Soul GT tiba-tiba mogok namun berdasarkan pengalaman dari rekan yang menggunakan kendaraan lansiran Yamaha ini dengan rute perjalanan yang relatif sama dapat disimpulkan bahwa, "dari ketiga pengendara dengan rute dan kondisi lalu lintas yang relatif sama mengendarai Yamaha matic injeksi buatan 2013 (2xYamaha Soul GT dan 1X Yamaha Mio J) kesemuanya pernah mengalami mesin kendaraanya tiba-tiba mogok dijalan. Dua pengendara dapat menghidupkan mesinnya kembali setelah memasukkan oli mesin ke dalam silinder melalui lubang busi, sementara satu pengendara dapat menghidupkan mesinnya setelah membiarkan suhu mesinnya turun tanpa adanya pengisian oli mesin ke dalam silinder". Dua diantara ketiga pengendara tersebut langsung mengganti oli mesinnya ketika menemukan bengkel terdekat dan masalah Yamaha Soul GT 2013 yang tiba-tiba mogok tidak terjadi lagi di hari-hari selanjutnya, 

sehingga dapat disimpulkan bahwa masalah Yamaha Soul GT 2013 yang tiba-tiba mogok dapat dicegah dengan secara teratur mengganti oli mesin sesuai anjuran periode penggantian oli.

Rekomendasi spesifikasi dan periode penggantian oli mesin Yamaha Soul GT 2013 

 

Nah, mudah mudahan informasi ini dapat membantu bro-sis dalam mencari solusi dari masalah mesin Yamaha Soul GT 2013 yang tiba-tiba mogok (salam PRO).

Hasil pencarian dengan motor mio soul gt mogok

Yamaha Soul GT 2013
Yamaha soul GT 2013_(gambar diambil dari: https://www.semisena.com/1765/spesifikasi-harga-mio-soul-gt.html)


___________________________________________________

🅗🅞🅜🅔Kembali ke halaman utama
 

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi