Translate

Apa arti kode SAE pada oli mesin ?

Hai gaes jumpa lagi di blog motohoby, kali ini saya menulis tentang arti kode-kode yang ada pada kemasan oli mesin.
Pernah gak kalian perhatikan kode-kode yang tertulis pada kemasan oli mesin gaes?
Setidaknya ada dua kode lho yang ada disetiap oli mesin, yakni kode yang menunjukkan viskositas dan kode yang menunjukkan performa.
Kode viskositas dan performa oli mesin
Kode viskositas menunjukkan seberapa mudah oli tersebut mengalir pada suhu tertentu. Sifat ini penting karena begitu mesin motor distarter, oli harus sudah bisa mengalir. Sebab jika tidak, maka akan terjadi keausan pada komponen di dalam mesin akibat tidak terlumasi meskipun sesaat saja. Nah karenanya, pemilihan oli harus mempertimbangkan suhu sekitar (ambient temperature) ketika pertama kali dihidupkan. Contoh nih, bro tinggal di Jakarta dengan suhu udara dipagi hari 32 derajat C (asumsi bro menghidupkan mesin motor dipagi hari), maka berdasarkan chart dibawah bro bisa pilih oli SAE10W-30 atau SAE15W-40 atau SAE10W-40 atau SAE5W-30 atau SAE5W-40. Memang dalam hal ini, bro yang tinggal di negara dengan iklim tropis punya banyak pilihan dalam memilih viskositas oli.
Rekomendasi pemilihan viskositas sesuai ambient temperatur

Sebenarnya, angka viskositas yang tertera menunjukkan kelas viskositas (viscosity grade), jadi sebenarnya meskipun angka SAE nya sama pada kenyataanya mereka berbeda. 
Kelas viskositas ditentutan oleh index viskositas (IV). Dimana IV ini adalah laju perubahan viskositas terhadap temperatur. Oli dengan IV yang tinggi cenderung stabil kemampuan mengalirnya meskipun temperaturnya berubah-ubah. Oli jenis ini masuk dalam kategori viskositas multigrade.
Kode oli SAE multi grade
Nah, semoga sedikit tulisan tentang salah satu kode pada oli mesin ini makin membuat bro semua makin paham dan makin yakin dengan pilihan oli untuk kendaraan tersayang. Baca juga artikel tentang oli mesin yang lain di blog ini ya..Salam (PRO)
___________________________________________________

🅗🅞🅜🅔Kembali ke halaman utama

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi