Translate

Pasang relay di kendaraan, buat apa ?

Halo sobat smart, jumpa lagi di blog motohoby. Kali ini saya menulis tentang salah satu komponen elektronik yang cukup banyak dijumpai di sepeda motor akhir-akhir ini, yaitu RELAY (dikenal sebagai BENDIX).
Yupp..relay ini diperlukan jika suatu sistem kelistrikan membutuhkan suplai arus listrik yang terjaga maksimal di sepanjang tahun. 
Pada dasarnya, relay adalah sebuah saklar elektromagnetik, yang dalam bekerjanya tetap membutuhkan saklar mekanik untuk mengaktifkan elektromagnetnya.
Perlu di ingat bahwa saklar mekanik ini hanya bertugas untuk mengaktifkan elektromagnet di dalam relay. Elektromagnet ini dapat bekerja dengan arus yang kecil dan rentang tegangan kerja yang cukup luas, jadi jika tegangan suplai yang berasal dari saklar lebih kecil dari seharusnya (akibat adanya rugi tegangan), elektromagnet ini masih dapat bekerja dengan baik. Sementara arus yang lebih besar dikendalikan langsung oleh terminal 30 dan 87 di dalam relay. 
Relay banyak digunakan pada rangkaian lampu, rangkaian suplai untuk ECU (sistem injeksi), klakson, motor starter dan sistem suplai arus utama (Honda Beat injeksi CBS tahun 2013).
Lokasi relay starter Honda Beat Fi CBS 2013

Lokasi relay utama Honda Beat Fi CBS 2013
Kemiripan relay starter Honda Beat Fi CBS 2013 dengan supra x 125, karisma, jupiter, mio

Dengan menggunakan relay, maka semua sistem tersebut akan mendapatkan suplai tegangan yang terjaga maksimal, dan itu akan menyebabkan lampu-lampu menjadi terang, ECU bekerja optimal, klakson menghasilkan suara yang nyaring, dan motor starter berputar dengan kuat. 

Relay juga telah dilengkapi dengan beberapa teknologi untuk memperpanjang usia pakainya, seperti penggunaan resistor ataupun dioda di dalam rangkaian elektromagnetnya. Penggunaan resistor dan dioda itu efektif untuk menyerap kejutan arus yang terjadi di dalam kontak relay ketika ON-OFF saat bekerja (lihat gambar berikut). Salam. (PRO)
Quenching/ absorber dioda atau resistor didalam relay Volvo

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi