Translate

Cara pasang relay yang benar?

Hai gaes, jumpa lagi di blog motohoby.  Kali ini saya akan ulas mengenai cara pasang relay yang benar untuk kendaraan kesayangan.
Bro semua pastinya sudah paham tentang manfaat relay dalam rangkaian kelistrikan, tapi ternyata kurang puas dengan performa sistem kelistrikan yang ada dikendaraan karena ternyata di dalam sepeda motor hanya ada dua buah relay, sehingga  bro sekalian ingin menambah performa sistem kelistrikan kendaraan dengan cara memasang relay tambahan.
Misalkan nih, semula klakson hanya satu buah, dan bro ingin menambah menjadi dua buah klakson, maka sangat disarankan untuk menambahkan sebuah relay agar saklar klakson tidak mudah meleleh akibat kelebihan arus. Atau, bro ingin menambahkan jumlah lampu kepala untuk menunjang keselamatan selama berkendara malam, maka disarankan untuk menambahkan relay agar saklar lampu tidak meleleh.
Secara umum, relay yang digunakan untuk sepeda motor memiliki empat (4) kaki, dua kaki sebagai pole untuk koil di dalam relay, dua kaki sisanya terhubung menuju pemakai arus dan sumber arus.

Sirkuit diagram dibawah ini contoh untuk desain dasar relay empat kaki (relay aftermarket) untuk dua buah lampu, tanpa tambahan kunci kontak. Sekring pada sirkuit ini berkapasitas 5A karena, menurut perhitungan daya untuk lampu 12volt 25 Watt dibutuhkan arus sebesar 2,1 ampere, jadi jika ada dua buah lampu tinggal kalikan saja 2,1ampere x  2= 4,2 ampere. Perlu diingat ya bro, sekring ini akan efektif dipasang dari sumber tagangan menuju terminal 30 relay.
Sirkuit relay empat kaki
Sirkuit relay empat kaki after market
Sirkuit sirkuit empat kaki-2
Rangkaian sirkuit empat kaki after market

Sekalian ini contoh aplikasi relay lima kaki aftermarket untuk lampu jauh- dekat agar nyala lampu terang maksimal dan saklar menjadi lebih awet.
Rangkaian relay lima kaki
Diagram relay lima kaki
Perlu diingat ya bro, ada satu terminal pada saklar lampu jauh-dekat yang tidak terpakai, yakni terminal untuk lampu dekat. Sehingga ketika mesin menyala, arus dari terminal 30 relay akan langsung mengalir ke lampu dekat melalui terminal 87a. Baru setelah bro tekan saklar ke posisi lampu jauh, relay akan aktif sehingga tegangan diterminal 30 akan terhubung dengan terminal 87 menuju lampu jauh.
Rangkaian relay lima kaki untuk lampu jauh dekat
Rangkaian relay lima kaki untuk lampu jauh dekat

Nah, secara basic relay 4 kaki dan 5 kaki dapat dirangkai seperti dua contoh dan ternyata cukup sederhana bukan, selamat mencoba. Salam (PRO).

________________________________________

Artikel terkait:

Fungsi-fungsi pada multimeter digital

Cara menggunakan voltmeter

Rangkaian relay lampu jauh-dekat untuk sistem kelistrikan lampu NON AHO

Pasang relay di kendaraan, buat apa? PART 2

Relay starter Honda beat PGM-FI

Arti angka-angka pada relay

Apa fungsi dioda di dalam relay?

Fungsi dioda didalam relay-2

Pasang relay di kendaraan, buat apa ?

Arti kode angka kaki relay DIN 72552

_______________________________________

🏠Kembali ke halaman utama




Postingan populer dari blog ini

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi