Translate

Kenapa aki cepat soak dan kiprok cepat rusak ?

Hai gaes, jumpa lagi di blog Motohoby. Kali ini saya akan ulas sebuah cara praktis menghitung kebutuhan arus untuk lampu agar aki tidak tekor.
Pernah gak sih gaes, setelah bro memodifikasi lampu atau menambahkan perangkat elektronik pada kendaraan, aki menjadi cepat tekor? atau malah kiprok atau spul pengisian cepat rusak?
Pada dasarnya aki yang cepat tekor (terkuras kapasitasnya) disebabkan karena kebutuhan arus pada pemakai kelewat besar, begitu juga dengan rusaknya kiprok dan spul. Setiap kiprok dan spul punya kekuatan maksimal dalam menghasilkan arus.  Padahal dengan rumus sederhana dan praktis, kebutuhan arus ini dapat diperhitungkan, agar aki/ kiprok tidak lagi ngos-ngosan mensuplai kebutuhan arus listrik.
Rumus yang bisa dipakai secara praktis adalah rumus persamaan power/ daya (Watt). Dimana,daya listrik adalah hasil kali antara tegangan listrik (volt) dan kuat arus (ampere). Sedangkan untuk menghitung kebutuhan arus (pada sebuah lampu 12V/ 25W misalnya), cukup dengan membagi daya dengan tegangan kerjanya, yaitu 25W/12V=2,1 ampere. Jadi sederhananya, agar lampu tersebut menghasilkan kekuatan sebesar 25 Watt, diperlukan tegangan kerja 12 volt dan kuat arus sebesar 2,1 ampere.
Rumus Power
Rumus persamaan daya/ power listrik

Kebutuhan arus akan bertambah seiring dengan penambahan "pemakai", artinya jika sebuah lampu 12v/ 25W butuh 2,1 ampere maka untuk empat buah lampu yang sama speknya membutuhkan arus empat kali nya (4 x 2,1 A) yakni 8,4 ampere.
Nah fenomena inilah yang mungkin luput untuk diperhitungkan ketika bro menambahkan lampu/ perangkat elektronik lain di dalam kendaraan, sedangkan bro tidak melakukan penambahan kemampuan aki atau kiprok.
Setiap aki memiliki kemampuan yang terbatas, begitu juga dengan kiprok. Kemampuan aki salah satunya adalah kemampuan menyimpan arus, atau bro sekalian akrab dengan istilah " ampere aki". Sedangkan kiprok juga punya kapasitas ampere maksimal yang dapat dihasilkan, itupun baru dihasilkan pada rpm tertentu (diatas rpm idle).
Contoh nih, aki pada honda beat Fi  kapasitas 5Ah, maka jika itu aki full 100% kalian akan bisa ambil/ pakai 5 ampere terus terusan dan kapasitas akan habis dalam sejam. Apabila kalian pakai hanya 1 ampere, maka kapasitas aki akan habis dalam 5 jam. Lalu bagaimana jika kebutuhan arus untuk kendaraan bro sebesar 20 ampere, dalam waktu berapa jam aki 5Ah akan habis kapasitasnya? Yupp..tepat, aki 5Ah akan habis dalam 0,25 jam atau 15 menit saja (didapat dari rumus 5Ah/ 20A=0,25h). Eit,,dengan catatan kapasitas aki 100% atau kalau diukur tegangannya dapat 12,8 volt.
Motobat untuk honda beat
Kapasitas aki
Nah sekarang coba kita lihat ilustrasi prediksi berapa total arus aktual yang dibutuhkan pada Honda beat Fi (non ISS) berikut:
Kebutuhan arus listrik (prediksi) pada sepeda motor
Prediksi kebutuhan arus listrik pada sepeda motor honda beat pgm fi non ISS
Tuh kan, dari tabel itu kelihatan bahwa ketika kendaraan start (hidup pertama kali dengan menggunakan electric starter) kebutuhan arusnya sebesar 10,3 ampere, sementara ketika mesin kendaraan sudah hidup kebutuhan arusnya menjadi 12,1 ampere. Sementara kapasitas aki bro hanya 5 Ah, jadi kalau sistem pengisian gagal mengisi aki, maka bro masih bisa pakai aki dalam waktu 5/12,1=0,4 jam (24,8 menit) bahkan bisa lebih pendek.
Nah, satu lagi nih bro. Sistem pengisian (kiprok & generator) baru bisa ngecas kalau tegangan dari kiprok lebih besar dari tegangan aki, dan itu baru terjadi ketika mesin kendaraan sedang diatas rpm idle.
Wahh..ini harus jadi pertimbangan untuk bro yang rute lalu lintasnya sering macet/ stop and go yang sangat berpotensi membuat gagalnya sistem pengisian buat aki. Salam (PRO)

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi