Translate

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Halo gaes jumpa lagi di blog Motohoby, kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang kiprok honda beat fi. 

Pengalaman ini berawal dari kesulitan saya dalam menemukan referensi tentang kiprok honda beat fi (cara kerja, jalur kabel), dan begitu menemukan referensi, saya menulis blog ini karena siapa tahu kalian juga mengalami kesulitan yang sama dengan saya beberapa waktu lalu.

Kiprok honda beat injeksi memiliki lima kabel:
1. merah setrip hitam: menuju kunci kontak
2. merah setrip putih: menuju/ dari batere
3. kuning: menuju saklar lampu utama (hi-low)
4. putih: dari generator (spul pengisian)
5. hijau: menuju ground


Kiprok honda beat fi_Soket dan warna kabel

sebagai catatan, ketika kunci kontak OFF, arus dari batere sudah ada yang stand-by menuju kiprok melalui kabel merah setrip putih, so jangan sampai honda beat fi kalian parkir berhari-hari ya agar tegangan batere tidak habis. Menurut pengalaman saya menggunakan batere motobat, saya parkir honda beat fi 2X24 jam dan kapasitas batere masih cukup untuk menstarter hingga hidup.
Kiprok honda beat fi_input-output


Oke, langsung saja kita bahas, cara kerja kiprok honda beat injeksi

A. Ketika kunci kontak ON-mesin mati. Tegangan yang sudah stand-by pada kiprok mengalir melalui rangkaian elektronik di dalam kiprok menuju kunci kontak (kabel merah setrip hitam), kemudian arus diteruskan oleh kunci kontak menuju pompa bahan bakar, injector, katup idle up, relay utama, relay starter, dan menuju pin A1 power suplai ECU. Dalam kondisi ini, pengisian batere belum terjadi dan lampu utama belum menyala.

B. Ketika kunci kontak ON-mesin hidup. Generator mulai menghasilkan arus AC dan masuk ke dalam kiprok melalui kabel putih, dan apabila jalur ground kiprok tidak terganggu (kabel hijau) maka proses penyearahan bentuk gelombang dan pembatasan tegangan akan terjadi secara elektronik di dalam rangkaian kiprok.Tegangan output DC stabil di kisaran 14 volt (rpm mesin idle) akan di keluarkan melalui kabel merah setrip hitam pada kiprok menuju kunci kontak dan batere. 
(Ingat..tegangan batere 2 volt lebih kecil dari pada tegangan yang dihasilkan oleh kiprok, karenanya tegangan kiprok dapat mengalir menuju batere). 
Di saat yang hampir bersamaan, tegangan DC stabil sebesar 12-13 volt juga dihasilkan pada jalur menuju lampu utama, sehingga lampu utama akan hidup beberapa saat setelah mesin hidup (Automatic Headlight ON). 
Jadi, kiprok menghasilkan dua macam tegangan yang stabil, yakni tegangan pengisian/ power suplai  +/- 14volt DC, dan satu lagi tegangan lampu depan 12-13 volt DC.

JIKA KEDUA MACAM TEGANGAN TERSEBUT TIDAK STABIL, MAKA MESIN AKAN MENGALAMI GEJALA MBREBET DI RPM TERTENTU BAHKAN TIDAK BISA MENCAPAI TOP SPEED MAKSIMAL DAN NYALA LAMPU DEPAN AKAN CENDERUNG BERKEDIP SESUAI RPM MESIN. 
Kiprok honda beat fi_perbedaan kode dan layout KW vs ORI
Kualitas kestabilan tegangan inilah yang membedakan antara kiprok KW  (kurang dari Rp. 200.000) dan kiprok original (lebih dari Rp. 300,000). salam(PRO)

Blog ini adalah re-make sebagai langkah maintain dari blog yang saya unggah di desember 2019 dengan judul Kiprok honda beat injeksi 1.
Screenshoot kiprok honda beat injeksi 1 yang telah di delete


________________________________________

Artikel terkait:

Fungsi-fungsi pada multimeter digital

Cara menggunakan voltmeter

Kenapa aki cepat soak dan kiprok cepat rusak ?

Dioda

Cara kerja kiprok Honda beat PGM-FI

Filamen lampu depan Honda beat PGM-FI cepat putus, kenapa ?

Penyebab reflektor lampu depan meleleh

Jalur kiprok honda beat PGM-Fi

_______________________________________

🅱🅰🅲🅺  🅷🅾🅼🅴🅿🅰🅶🅴


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi