Translate

Arti angka-angka pada relay

Halo sobat smart, apa kabar? Semoga sobat smart semua sekeluarga dalam keadaan baik-baik saja, amiin.  Kali ini saya akan ulas tentang arti kode-kode pada relay.
Mungkin sobat smart pernah perhatikan pada sebuah relay ada beberapa kode dan mungkin masih bingung mengenai apa arti kode-kode itu dan untuk apa semua itu di tuliskan pada relay. Kode-kode yang paling banyak ditemui adalah kode angka disetiap kaki/ terminal relay. Yakni angka 30, 87a, 87, ,85 dan 86. Ternyata angka-angka itu berasal dari standarisasi nama kontak point untuk otomotif berdasarkan DIN 72552. 
DIN (Deutsches Institut für Normung) adalah sebuah institut standarisasi Jerman yang telah menghasilkan 30.000 standardisasi (maret 2020) terkait dengan beberapa aplikasi teknologi, seperti standarisasi ukuran kertas, standarisasi rambu lalu lintas, dan DIN 72552 ini adalah standardisasi untuk penomoran terminal kelistrikan otomotif.
arti kode-kode nomor kontak relay
Arti kode/ nomor pada relay
Perlu dipahami ya sob, khusus untuk relay yang dilengkapi dengan dioda quencher, bahwa terminal 85 dan 86 jangan sampai terbalik tegangannya ya karena hal itu akan menjadikan dioda tidak berfungsi sebagaimana tujuannya.
quench diode
Simbol adanya dioda quencher pada relay

Sekarang sudah tahu kan, dari mana nomor-nomor pada kaki relay itu berasal, dan apa artinya? 
Eit, tunggu dulu ! coba sobat perhatikan dibagian depan body relay itu, ternyata masih ada kode/ nomor lain yang sobat smart juga perlu tahu agar tidak keliru dalam memilih relay untuk kebutuhan sobat.
Kode ampere pada relay 4 kaki
Kapasitas maksimal sebuah relay 4 kaki

Kapasitas ampere relay 5 kaki
Kapasitas maksimal sebuah relay 5 kaki
Jadi jika sobat smart akan memilih relay dengan kapasitas 10 ampere dan tegangan kerjanya sebesar 24 volt, maka daya lampu maksimal yang bisa sobat gunakan adalah 24 x 10= 240Watt.
P=V . I
Rumus power/ daya
Nah, mudah-mudahan ulasan sederhana ini bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih sudah mampir di blog ini, salam (PRO).

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi