Translate

Penyebab reflektor lampu depan meleleh

Halo gaes, jumpa lagi di blog Motohoby, kali ini saya ulas tentang penyebab reflektor lampu depan meleleh.

Berkendara malam dengan performa lampu depan yang terang benderang memanglah meningkatkan keselamatan, pengendara pun menjadi lebih percaya diri dalam setiap pengambilan keputusan selama berkendara. Berbagai cara dapat ditempuh untuk meningkatkan performa sistem penerangan dikendaraan kesayangan. Ada yang menambahkan lampu ataupun dengan mengganti lampu standard dengan lampu yang memiliki daya (Watt) yang lebih besar. 
Ada konsekuensi yang akan terjadi dari kedua cara tersebut:

  1. Menambahkan lampu akan secara langsung menambah beban sistem penyuplai arus (baterai/ aki/ kiprok), sehingga jika penambahan lampu dilakukan dengan tanpa perhitungan matang akan berakibat pada tekornya aki atau rusaknya kiprok.
  2. Mengganti lampu depan dengan daya yang lebih besar dari standardnya akan berakibat makin panasnya ruang reflektor lampu, sehingga jika panas tersebut melebihi kemampuan reflektor dalam menahan panas maka reflektor akan meleleh

Jadi, reflektror lampu depan meleleh diakibatkan oleh pemakaian lampu dengan daya (Watt) yang terlalu besar (melebihi kemampuan menahan panas reflektor)
Coba Bro-Sis sekalian perhatikan, di bagian belakang reflektor lampu depan kendaraan modern telah dituliskan berapa anjuran daya lampu maximal yang dapat digunakan.


Kapasitas reflektor lampu depan Yamaha Soul GT 2012
Kapasitas reflektor lampu depan Yamaha Soul GT 2012

12V 35/ 35W
Daya lampu 12V 35/ 35W


Nah, pastikan Bro-Sis sekalian perhatikan dulu berapa kapasitas reflektor lampu depan, sebelum berniat mengganti lampu dengan Watt yang lebih besar. Salam (PRO)

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi