Translate

Mode ECO pada excavator Volvo seri EC210D

 Hai gaes, jumpa lagi dalam tulisan saya tentang teknologi pada excavator, kali ini saya menulis tentang mode ECO. Mode ECO berfungsi untuk menghemat konsumsi bahan bakar, pada excavator Volvo metode untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dalam mode ECO ini ada dua cara, yakni:


  1. Mengurangi rpm engine
  2. Mengurangi kapasitas pompa hidrolik.
Nah, pada EC210D cara pertama yang digunakan,  rpm engine akan berkurang sekitar 100rpm disetiap mode kerjanya ketika tombol ECO ini di aktifkan oleh operator. Ketika mode ECO pada EC210D ini bekerja, maka secara otomatis derasnya aliran oli dari  pompa hidrolik akan mengalami sedikit pengurangan dan operator merasakan gerakan excavator sedikit melambat, namun tidak perlu kawatir  karena kekuatannya tetap terjaga maximal (melambat tapi kekuatan hidroliknya tidak berubah).
Untuk dapat menikmati mode ECO ini, operator dapat mengklik pada keypad bertuliskan ECO, dan jika permintaan ini disetujui oleh VECU (Vehicle Electronic Control Unit) maka simbol ECO akan tertampil pada layar display di depan operator, sangat mudah bukan. 
Operator juga dapat langsung melihat penurunan RPM engine ini secara real time melalui display, dan jika mau, operator juga dapat melihat konsumsi bahan bakar real time dalam liter/jam, masih melalui display.
Display Volvo EC210D

Keypad Volvo EC210D

So..mode ECO di dalam EC210D ini tidak sama dengan indikator ECO yang ada di dalam mobil ya gaes. Karena kebanyakan yang ada di mobil, indikator ECO ini bersifat notifikasi, jika driver ingin tetap ekonomis konsumsi bahan bakarnya maka pertahankan gaya mengemudinya itu. Jika driver menginjak pedal lebih dalam lagi/ merubah gaya mengemudinya maka indikator ECO akan menghilang dari layar dasboard. Sedangkan pada EC210D, ketika operator memindah mode pengoperasian ke mode ECO, maka seluruh ECU yang ada didalam excavator akan berkomunikasi satu sama lain dan merespons agar konsumsi bahan bakarnya lebih ekonomis jika dibandingkan tanpa mode ECO.
Oke..semoga bermanfaat, salam. (PRO)

Note: artikel ini juga telah tayang di dalam Flame & Ignite

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi