Translate

Biodiesel VS performa engine Diesel

 Artikel ini mengulas tentang beberapa pengaruh penggunaan biodiesel terhadap performa engine Diesel

Hai Gaes, seperti yang telah disinggung pada artikel biosolar dan karakteristiknya yang telah diulas sebelumnya, kali ini akan kita ulas pengaruh terhadap performa dari penggunaan biodiesel ini sebagai bahan bakar engine Diesel. Performa dalam hal ini mencakup: tenaga yang dihasilkan, konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang. Nah dalam hal ini saya menggunakan referensi masih dari buletin yang dipublish oleh salah satu pembuat engine Diesel terkemuka dunia.

Dituliskan dalam buletin tersebut bahwa:

  1. Biosolar (campuran biodiesel dan solar) akan menghasilkan kandungan emisi NOX (nitrogen oxide) yang lebih banyak jika dibandingkan dengan penggunaan solar murni. Artinya adalah penggunaan biosolar ini sangat berpotensi melanggar aturan ambang batas emisi gas buang. Disebutkan di dalam buletin tersebut bahwa 100% RME (biodiesel B100) akan menghasilkan kandungan NOX 15%-20% lebih banyak jika dibandingkan dengan penggunan solar murni.
  2. Tenaga yang dihasilkan engine akan mengalami penurunan antara 3%-5% akibat dari lebih kecilnya nilai kalori biosolar ini jika dibanding nilai kalori solar murni
  3. Konsumsi bahan bakar akan lebih boros hingga 10% jika dibandingkan dengan konsumsi bahan bakar jika menggunakan solar murni.
Grafik perbedaan tenaga Engine dengan berbagai variasi campuran biodiesel (ditambahkan ilustrasi panah dan linkaran dari artikel asli ejurnal bppt.co.id


Grafik perbedaan torsi Engine dengan berbagai variasi campuran biodiesel (ditambahkan ilustrasi panah dan linkaran dari artikel asli ejurnal bppt.co.id

Sebagai tambahan, bahwa penggunaan biodiesel membawa konsekuensi lain akibat karakteristiknya ketika digunakan sebagai bahan bakar engine Diesel sebagai berikut:

  • Biodiesel akan menambah nilai viscositas ketika dicampur dengan solar, sehingga ini akan memberikan tambahan "beban" pompa injeksi, dimana viscositas yang lebih besar akan memberikan tambahan tahanan semprot di dalam lubang nozzle injector. Kualitas pengabutan bahan bakar ke dalam ruang bakar tentu berkurang, namun dalam hal ini DILARANG untuk melakukan penyetelan ulang terhadap pompa injeksi untuk memperbaiki kualitas pengabutannya karena justru berpotensi memperpendek usia pakai pompa injeksi.
  • Sebagaimana diulas sebelumnya bahwa, biodiesel lebih sensitif terhadap temperatur penyimpanan yang dingin, biodiesel akan "mengental" pada temperatur dingin. Terlebih apabila terdapat biodiesel ini di dalam sistem bahan bakar (selang, pipa, pompa tekanan  tinggi, pompa injeksi, nosel, injector) ketika engine diesel tidak dihidupkan dalam waktu lama, efek mengental ini akan menimbulkan "glue effect" (efek lem) yang akan menjadikan engine susah dihidupkan dan tenaga engine berkurang. Dalam situasi seperti ini sangat mungkin filter-filter bahan bakar juga mengalami ketersumbatan.
Nah, itulah beberapa informasi tambahan  yang semoga akan membantu bro-sis dalam mendapatkan pengetahuan sederhana terkait dengan biodiesel atau bisa juga digunakan sebagai salah satu informasi dalam merencanakan perawatan engine Diesel. 
Salam (PRO)


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi