Translate

Oli VDS (Volvo Drain Specification)

Hai Gaes, kali ini  menyambung tulisan tentang oli mesin dalam alat berat, yang kali ini mengulas tentang kode klasifikasi VDS. Klasifikasi VDS ini adalah spesifikasi khusus untuk mesin-mesin buatan Volvo.

Mesin buatan Volvo memiliki teknologi yang berbeda dengan mesin lain, sehingga membutuhkan oli dengan kemampuan khusus agar jaminan performa mesin dan kehandalannya dapat dirasakan oleh setiap penggunanya.
Perlu saya ulas sedikit tentang latar belakang munculnya kode klasifikasi VDS itu.
Jadi begini, ketika sebuah mesin Volvo dirancang dan diuji di laboratorium, para insinyur telah mencatat semua persyaratan/ spesifikasi agar mesin rancangan mereka menghasilkan performa maksimal. Persyaratan/ spesifikasi itu dimulai dari persyaratan kualitas bahan bakar, persyaratan temperatur dan tekanan udara, persyaratan jenis oli dan cairan-cairan di dalam mesin, hingga persyaratan kualitas komponen. Bicara performa sebuah mesin memang tidak hanya bicara tentang daya kuda, lebih dari itu performa sebuah mesin juga dilihat dari kandungan emisi gas buang, konsumsi bahan bakar dan daya tahan.
Nah.. semua spesifikasi itu penting, sehingga perlu diketahui oleh pengguna alat berat Volvo agar mereka bisa merasakan semua kelebihan sebuah mesin, sebagaimana yang diinginkan oleh pembuatnya. Oh iya..pengguna dapat mengetahui persyaratan kualitas oli dan bahan bakar untuk alat berat Volvo mereka melalui manual pengoperasian dan perawatan.
Jika persyaratan kualitas itu tidak dipenuhi, maka mesin tidak menghasilkan performa maksimal, konsumsi bahan bakar boros, konsumsi oli mesin juga ikutan boros, dan termasuk usia pakai komponen mesin juga berkurang.
Makanya penting untuk memperhatikan spesifikasi oli mesin ini agar performa dan daya tahan alat berat Volvo terjaga optimum.

Kode SAE, VDS, dan API pada kemasan oli Volvo-SDLG

Rekomendasi kualitas bahan bakar di dalam buku panduan operator dan perawatan Volvo A60H

Klasifikasi kualitas oli mesin meliputi dua hal, yakni klasifikasi viskositas dan klasifikasi performa. Klasifikasi viskositas ya..angka SAE nya, dan klasifikasi performa untuk mesin Volvo adalah kode VDS (Volvo Drain Specification).
Jika kode SAE menunjukkan karakter mengalir sebuah oli, maka angka VDS menunjukkan tingkat kestabilan oli dalam mempertahankan performanya. Dengan kata lain, oli dengan kode VDS yang tinggi memiliki karakter performa yang relatif stabil dari waktu ke waktu pemakaian. Bahkan, apabila hal itu dikombinasikan dengan penggunaan bahan bakar dengan kualitas sesuai anjuran, maka interval penggantian oli dapat dilakukan dalam waktu yang lebih panjang (500jam operasi).  Kelas VDS yang lebih tinggi dapat dilihat dari huruf setelah VDS nya. Misalkan nih, VDS-3 adalah kelas yang lebih tinggi dari pada VDS-2.
Pengaruh kualitas bahan bakar dan kualitas oli menjadi patokan interval penggantian oli
.
Tingkatan oli VDS

FYI nih buat sobat smart, oli dengan spesifikasi VDS ini juga sudah dihasilkan oleh pabrikan pembuat oli non Volvo, hanya saja tidak semuanya mendapatkan aproval resmi dan tertulis dari Volvo. Sobat smart perhatikan saja apakah ada kode VDS dan VDS berapa pada kemasan oli mesin yang akan dijadikan alternatif itu, jika angka VDS dibawah rekomendasi maka interval penggantian oli nya tinggal disesuaikan saja sesuai tabel. Salam (PRO)
VDS pada oli pertamina

___________________________________________________
___________________________________________________

🅗🅞🅜🅔Kembali ke halaman utama

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi