Translate

Sekring dan INRUSH CURRENT



Artikel ini mengulas tentang fungsi penting dan desain sebuah sekring dalam dunia otomotif yang mungkin bro-sis belum tahu khususnya tentang persyaratan kualitas sebuh sekring yang mungkin akan membedakan antara sekring berkualitas baik dan sekring yang kualitas abal-abal.

Hai Gaes, jumpa lagi di blog motohoby, kali iki saya akan ulas mengenai salah satu komponen pengaman kelistrikan yang sangat penting yaitu sekring/ fuse.
Mungkin Bro-Sis sudah tahu bahwa sekring ini berfungsi sebagai pengaman sistem kelistrikan dengan cara memutus arus listrik ketika terjadi beban berlebihan di dalam rangkaian (arus berlebihan). sekring dibuat dari bahan konduktor khusus yang akan berpijar dan putus ketika arus yang melawatinya lebih besar dari kapasitasnya, nah kapasitas ini bisa Bro-Sis lihat pada body atau warna body sekring tersebut. 
Menariknya adalah bahwa pada kenyataanya sebuah sekring harus dapat menahan arus yang lebih besar dari kapasitasnya dalam beberapa detik, hal itu akibat adanya fenomena "inrush current" yang selalu terjadi disetiap permulaan sebuah rangkaian listrik di aliri arus.

Bahkan pada lampu filamen dan motor listrik, besarnya inrust current ini dapat mencapai 150% dari kapasitas arus normalnya. Jadi misalkan sebuah lampu depan motor Bro-Sis berkapasitas 35 watt, maka arus normal yang mengalir untuk menghasilkan daya lampu sebesar itu adalah (tegangan aki/ baterai 12 volt)= 35watt/12volt= 2,9 ampere. Sehingga inrush current ketika saklar lampu diONkan adalah 150% x 2,9 ampere =  4,35 ampere dan sekring harus tidak boleh putus dalam beberapa detik selama inrush current ini terjadi.


Grafik A-T ( karakterisktik SLOW BLOW yang harus dimiliki oleh setiap fuse)




Nah, jika sekring tidak memiliki kemampuan "bertahan" selama periode inrust current ini, dapat dipastikan sekring akan terputus dan sistem kelistrikan gagal bekerja. 
Mengganti kapasitas sekring dengan kapasitas yang lebih besar sangatlah tidak disarankan, apalagi Bro-Sis menggantinya dengan tanpa perhitungan matang, karena bagaimanapun besarnya kebutuhan fuse sudah dihitung dan disesuaikan dengan kemampuan kabel, soket, dan besarnya arus yang mengalir oleh pabrikan. 
Potensi keselamatan terancam sangat fatal akibat penggantian sekring dengan kapasitas yang lebih besar yang dilakukan tanpa perhitungan akurat. Bukan sistem yang akan bekerja lebih baik melainkan isolator kabel yang terbakar akibat overcurrent pada kabel didalamnya, dan bahaya yang tidak diinginkan sangat mungkin terjadi (kebakaran).
Jadi, gantilah sekring yang putus dengan fuse yang sama kapasitasnya tapi jika setelah diganti sekring putus kembali maka lakukan pemeriksaan pada rangkaian kelistrikan dari adanya hubungan pendek. Pada artikel lain akan diulas bagaimana menghitung panjang kabel dan besar kabel yang selamat untuk rangkaian listrik yang kita buat di dalam kendaraan.
salam (PRO)







Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi