Translate

CARA MENENTUKAN UKURAN KABEL AGAR SELAMAT DARI BAHAYA KEBAKARAN

 

Artikel ini mengulas tentang aplikasi rumus P=V X I dan penggunaan tabel cable dimensioning. Referensi berasal dari materi ajar mekanik dasar dari pembuat truck dan alat berat Swedia.


Cable dimensioning chart 12 volt


Hai Gaes, jumpa lagi di blog Motohoby. 

Sesuai dengan deskripsi singkat diatas, kali ini akan saya ulas mengenai cara menentukan ukuran kabel yang selamat dari potensi kebakaran akibat over current

Langsung saja akan saya uraikan bagaimana menggunakan cable dimensioning diatas untuk menentukan ukuran kabel (besar) yang selamat dari bahaya kebakaran akibat over current:

Gunakan cable dimensioning diatas untuk mengikuti langkah berikut

  1. Pertama, tentukan berapa daya maksimal yang akan dihasilkan melalui kabel yang akan kita rangkai.  Rencana daya maksimal itu kita butuhkan untuk menghitung berapakah arus yang akan melewatinya. Misal, Bro-sis akan pasang lampu tambahan dengan daya 100watt pada tegangan aki 12 Volt, maka akan didapatkan besarnya kebutuhan arus adalah= 100watt/12volt=8,34 ampere (berangkat dari rumus P=V x I). Berikan tanda titik pada Chart A= 8,34ampere
  2. Kedua, ukurlah berapa jarak total dari aki 12 volt hingga menuju lampu 100 watt yang akan Bro-Sis tambahkan itu. Misalkan Bro-Sis dapat panjang 3 meter, maka berikan tanda pada chart diangka 3.
  3. Ketiga, tariklah garis yang dari ke mnah sekarang sudah bisa diketahui berapakah besar kabel minimal yang dibutuhkan dalam satuan mm persegi yaitu 1,5 mm persegi.

Dengan pemilihan ukuran kabel yang tepat ini (panjang dan luas penampang kabel), akan memastikan bahwa kemampuan kabel tetap mencukupi ketika dialiri arus dengan besar sesuai kebutuhan, dan potensi melelehnya karet isolator kabel dapat dihindari. Karena jika karet isolator telah meleleh, maka serat kabel tembaga yang membara akan terbuka dan bisa membakar apa saja yang didekatnya dan menjadi sumber api.

Nah mudah-mudahan dengan metode ini, Bro-Sis dapat menentukan dan melakukan evaluasi dari rangkaian listrik tambahan, yang selamat dari bahaya kebakaran, amiin. 

salam (PRO)

- - - - - - - - - - - -- - -- - -- - -- - -- - -- - -- - -

Atikel terkait:

Cara memilih sekring

Sekring dan inrush current

Fungsi-fungsi pada multimeter digital

Cara menggunakan voltmeter

- - - - - - - - - - - -- - -- - -- - -- - -- - -- - -- - -

referensi cable dimensioning chart dari material training basic electric Volvo Construction Equipment



Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi