Translate

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Artikel ini mengulas tentang rancangan rangkaian relay lima kaki untuk meng-upgrade rangkaian kelistrikan lampu jauh-dekat pada Honda supra lama_non AHO.

Hai Gaes, kali ini akan saya ulas tentang beberapa rancangan alternatif pemasangan relay untuk sistem kelistrikan lampu jauh-dekat NON AHO yang biasa ditemui pada sepeda motor lansiran sebelum era injeksi. Langsung saja berikut ini adalah beberapa alternatif  dan hipotesanya:

1. Skema standard. Skema sederhana dari pabrikan kendaraan, memiliki performa cukup baik ketika kendaraan masih tergolong baru dan performa menurun seiring bertambahnya nilai resistan di dalam komponen kelistrikan akibat usia pakai.

Skema standard kelistrikan lampu jauh-dekat


2. Skema 1 dengan dua relay ideal. Skema dengan penambahan dua buah relay dengan performa lebih baik dari pada skema standar pabrikan_skema ini memperbaiki performa skema standar jika di aplikasikan untuk kendaraan yang sudah cukup "berumur". Fungsi relay pada skema ini efektif mengurangi rugi tegangan sepanjang rangkaian menuju lampu.
Skema 1, alternatif penambahan dua buah relay untuk manfaat relay optimal


3. Skema 2 satu relay_tidak ideal. Skema dengan aplikasi satu relay untuk mensuplai arus untuk input untuk saklar jauh-dekat. Lampu jauh-dekat akan menyala setelah saklar ON-OFF lampu kanan di ONkan. Manfaat relay dalam skema ini kurang efektif.
Skema 2, alternatif penggunaan satu relay lima kaki untuk kontrol lampu jauh-dekat


4. Skema 3 satu relay_tidak ideal. Skema dengan penggunaan relay untuk menghasilkan performa yang lebih baik untuk nyala lampu LOW, sementara untuk nyala lampu HIGH arus mengalir tanpa melalui relay. Nyala lampu HIGH tidak di prioritaskan karena fungsinya yang menjadi isyarat (passing) sehingga tidak dibutuhkan nyala yang lebih terang dibandingkan nyala lampu LOW yang utama untuk penerangan.
Skema 3, alternatif penggunaan satu relay lima kaki untuk kontrol lampu dekat


5. Skema 4 satu relay_tidak ideal. Lampu HIGH akan menyala secara AHO seketika setelah mesin hidup. Sementara lampu LOW menyala dengan kontrol relay setelah saklar ON-OFF lampu di sisi stang kanan di ON kan.

Skema 4, alternatif penggunaan satu relay lima kaki untuk kontrol lampu dekat dengan fungsi AHO untuk lampu jauh


Nah, semoga dengan beberapa alternatif skema penggunaan relay untuk sistem kelistrikan lampu jauh dekat yang sudah dicontohkan diatas dapat menjadi referansi buat Bro-Sis yang ingin mengupgrade performa sistem kelistrikan lampu jauh-dekat nya. 
Perlu diingat, bahwa mungkin saja fungsi penambahan relay akan efektif jika diaplikasikan untuk masing masing lampu jauh dan lampu dekat karena rugi tegangan yang sampai hingga ke lampu bisa diminimalkan oleh masing-masing relay.

sampai jumpa di blog selanjutnya, salam (PRO). 

________________________________________

Artikel terkait:

Fungsi-fungsi pada multimeter digital

Cara menggunakan voltmeter

Pasang relay di kendaraan, buat apa? PART 2

Relay starter Honda beat PGM-FI

Arti angka-angka pada relay

Apa fungsi dioda di dalam relay?

Cara pasang relay yang benar?

Pasang relay di kendaraan, buat apa ?

Arti kode angka kaki relay DIN 72552


_______________________________________

🏠Kembali ke halaman utama




 

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi