Translate

Cara memilih sekring yang benar

Artikel ini mengulas tentang beberapa cara memilih sekring agar mendapatkan manfaat optimal penggunaan sekring dalam setiap rangkaian listrik dalam aplikasi otomotif, sebagai pelengkap dari artikel sekring dan inrush current.

Hai, Gaes jumpa lagi di blog ini, kali ini kita ulas cara memilih sekring agar perlindungan terhadap kebakaran akibat kelebihan arus di dalam rangkaian listrik kendaraan kita dihindari. Tapi sebelum lebih lanjut mengulas, sekali lagi motohoby ingatkan bahwa 

Fuse/ sekring adalah perangkat pelindung/ protector di dalam sirkuit kelistrikan dengan cara "meledakkan"/ blow dirinya ketika arus yang melewatinya terlalu besar.  

Berikut adalah cara-cara memilihnya:

  1. Pilihlah sekring dengan kapasitas yang sama dengan kapasitas sekering yang akan diganti. Penggantian sekering dengan kapasitas yang lebih besar berpotensi menyebabkan over current di dalam sirkuit kelistrikan. Kapasitas sekring ini tertulis pada bagian atas body sekring atau dengan menggunakan kode warna_lihat contoh gambar kode warna untuk sekring mini.
  2. Pilihlan sekring dengan tipe yang sama dengan tipe sekring yang akan diganti. Penggantian dengan tipe sekring yang berbeda akan berpotensi menyebabkan modifikasi rumah sekring, dan ini berpotensi mengganggu performa sistem kelistrikan. Kenyaataanya beberapa tipe sekring (aplikasi otomotif khususnya) memiliki kode warna yang sama namun dengan dimensi kaki sekring yang berbeda-beda, so meskipun tampaknya sama kenyataanya tidak bisa saling tukar pasang_tanpa modifikasi_antara satu tipe sekring dengan tipe sekring yang lain.
  3. Pilihlah sekring dengan kualitas yang terpercaya. Penggunaan sekring dengan kualitas yang buruk bisa berakibat pada usia pakai yang singkat atau bahkan potensi over current. Sebagaimana telah diulas pada artikel sekring dan inrust current, bahwa sebuah sekring harus mampu bertahan dalam beberapa detik ketika terjadi lonjakan arus instant. Jika Bro-Sis ragu akan kualitas sekring di pasar aftermarket, maka sekring yang dibeli dari jaringan dealer kendaraan menjadi pilihan bijaksana.
Nah bicara mengenai tipe-tipe sekring, ternyata ada beberapa tipe sekring yang mungkin belum pernah Bro-Sis temui dalam aplikasi sistem kelistrikan mobil atau sepeda motor buatan lokal namun mungkin saja Bro-Sis temui di aplikasi sistem kelistrikan mobil atau sepeda motor buatan eropa. Hal itu karena kebutuhan perlindungan yang terus berubah seiring dengan kebutuhan aplikasi teknologi otomotif disana. 
Tentang sekring aplikasi otomotif  akan di ulas secara khusus dalam edisi lain, salam (PRO).


Kode warna, dimensi, dan karakteristik sekring mini_automotive fuse



Tipe sekring table 1


Tipe sekring table 2

Tipe sekring table 3

Beberapa brand dunia pembuat sekring




_______________________________________

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi