Translate

Jalur kiprok honda beat PGM-Fi

Artikel ini mengulas tentang diagram /jalur input dan output kiprok honda beat PGM-Fi (Honda beat injeksi generasi pertama) sehingga Bro-Sis dapat menggunakannya untuk beberapa keperluan terkait dengan pemahaman diagram /jalur input dan output kiprok honda beat PGM-Fi.

Dalam dunia otomotif, khususnya otomotif sepeda motor, wiring diagram kelistrikan merupakan salah satu hal yang banyak dicari oleh para hobies ataupun mekanik. 

Dengan wiring diagram kelistrikan tersebut, para pehobby dan mekanik mendapatkan desain sistem kelistrikan yang digunakan di dalam kendaraanya, bahkan dengan wiring diagram kelistrikan tersebut cara kerja setiap sistem kelistrikan dapat dipahami. 

Meskipun setiap pabrikan memiliki desain wiring diagram yang berbeda-beda, namun jika diperhatikan lebih lanjut ternyata ada beberapa kesamaanya karena dalam perancangannya mereka tetap menggunakan kaidah internasional sehingga akan membuat pembacaan wiring diagram bisa dan mudah untuk dimengerti oleh penggunanya.

Beberapa tujuan selain perbaikan/ trouble shooting juga membutuhkan bantuan wiring diagram ini, seperti misalnya: tujuan modifikasi sistem kelistrikan (penambahan sistem) ataupun tujuan mencari solusi alternatif dari bebrapa masalah yang ditemui di dalam kelistrikan kendaraan. Kemudian, melalui mesin pencarian, khususnya dalam kaitan penggunaan wiring diagram kelistrikan ini,  motohoby menemukan banyak sekali solusi yang bisa diterapkan untuk penggantian kiprok honda beat PGM-Fi yang lima kaki menjadi kiprok untuk honda beat karbu yang empat kaki. Salah satu hal yang dibutuhkan dalam upaya penggantian ini tentu saja Bro-Sis harus pehami dulu bagaimana desain sistem kelistrikan antara dua model honda beat tersebut, yang ternyata secara wiring diagram kelistrikan sudah berbeda.

Salah satu perbedaan desain sistem kelistrikan keduanya yaitu pada jalur kiprok/ sistem pengisian dan penerangan, meskipun secara prinsip masih mirip. Nah. kali ini kita akan ulas dan fokus jalur kiprok honda beat PGM-Fi, sementara jalur kiprok honda beat karbu akan menyusul di edisi mendatang.

Jalur soket kiprok honda beat PGM-Fi


Jalur kiprok honda beat PGM-Fi


Nah..dapat dipahami bahwa ternyata:
  1. Hanya ada satu jalur input dari spul generator untuk mencukupi semua kebutuhan listrik di kendaraan
  2. Terdapat tiga jalur output, yakni jalur suplai arus untuk lampu (12 volt), jalur suplai arus pengisian baterai (14 Volt) dan jalur suplai sistem kelistrikan kendaraan via kunci kontak (12 volt)
  3. Sebuah jalur ground untuk membuang tegangan sisa, sehingga proses pembatasan semua tegangan output bisa terjadi.

Nah..berdasarkan "pecahan" wiring diagram tersebut bisa Bro-Sis gunakan untuk berbagai kebutuhan. Salam (PRO).

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi