Translate

Kiprok honda beat karbu

Artikel ini mengulas tentang beberapa hal yang perlu diketahui terkait dengan kiprok pada honda beat karburator (honda beat sebelum era injeksi) yang meliputi desain dan fungsinya. Informasi ini mungkin Bro-Sis perlukan sebagai salah satu referensi tambahan untuk pengetahuan produk ataupun keperluan modifikasi sistem kelistrikan yang melibatkan sistem pengisian pada sepeda motor andalan.

Kiprok honda beat karbu memiliki empat kaki/ pin dan terhubung dengan soket kiprok dengan warna kabel sebagai berikut:

1. merah : menuju kunci aki/ baterai/ kunci kontak
2kuning: paralel dengan suplai saklar lampu utama (hi-low)
3. putih: dari generator (spul pengisian)
4. hijau: menuju ground
Kiprok honda beat karbu dan warna kabel soketnya

Secara jumlah kaki dan cara kerja memang berbeda, jika dibandingkan dengan kiprok honda beat PGM Fi meskipun secara fungsi keduanya sama-sama memberikan tegangan DC untuk  pengisian baterai/ aki dan mensuplai arus untuk lampu utama jauh/ dekat. 
Artinya, dalam sebuah kiprok honda beat karbu juga terdapat fungsi merubah arus AC menjadi DC yang stabil dan fungsi membatasi tegangan yang dikirimkan baterai/ aki dan lampu utama. 
Tegangan pengisian baterai/ aki dibatasi maksimal di  +/- 14volt DC, dan tegangan lampu depan dibatasi di 12-13 volt DC. Nah..disinilah kualitas kiprok original membedakan dirinya dengan kualitas kiprok non original. Selain kualitas kestabilan tegangan output yang secara nyata membuat kinerja komponen lain (baterai/ aki, CDI, lampu utama) menjadi optimal, nyatanya kiprok honda beat karbu original juga lebih ekonomis karena memiliki usia pakai yang lebih lama.
Menariknya lagi, secara fisik (dimensi dan jumlah kaki) kiprok honda beat karbu ini memiliki kesamaan dengan kiprok honda-honda yang lain namun sampai saat ini (22 april 2021) motohoby belum mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai alasan penggunaan yang berbeda-beda untuk beberapa model sepeda motor honda yang lain, yang jelas secara kode dan harga kiprok-kiprok identik tersebut memang berbeda
Semoga motohoby bisa ulas mengenai fungsi-fungsi kiprok-kiprok kembar tersebut jika referensi sudah mencukupi. Salam (PRO).
Kiprok honda beat karbu dan kemiripan dengan kiprok kiprok lain, sumber gambar diambil dari laman Honda Cengkareng.com



Lokasi kiprok honda beat karbu. Sumber gambar Ervis Chanel

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi