Translate

APA ITU EMISI GAS BUANG ?

Artikel ini mengulas secara sederhana tentang penjelasan dan hal-hal yang perlu diketahui terkait istilah emisi gas buang. Artikel disarikan dari berbagai sumber baik artikel dalam negeri ataupun dari artikel luar negeri.

Hai Gaes, selamat berjumpa kembali dengan motohoby melalui blog sederhana ini. Kali ini motohoby akan mengulas tentang topik yang tak kalah menarik terkait otomotif yang mungkin belakangan ini baru Bro-Sis dengar/ baca/ lihat dari suatu media, yaitu tentang emisi gas buang. Istilah/ terminologi gas buang ini "tertutup" oleh istilah EURO-di ikuti nomer (misal EURO-4) yang sebenarnya merupakan ukuran/ standarisasi kandungan emisi gas buang mesin/ kendaraan. Menariknya adalah bahwa artikel mengenai emisi gas buang ini juga di ulas dengan lebih baik oleh artikel-artikel di internet dengan kata kunci hazardous air pollutan, emission standard, dan lain-lain.

Ilustrasi kandungan emisi gas buang sepeda motor bensin (ilustrasi ditambahkan dari gambar asli di https://radarkediri.jawapos.com/read/2020/08/04/207351/tak-patuhi-marka-jaga-jarak)

Menurut pengertian dari https://lektur.id/arti-emisi/, emisi berarti kandungan gas mesin yang dibuang ke udara. sementara menurut https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/emisi kata emisi berarti juga mengarah pada kandungan gas mesin yang dibuang ke udara. 

Hal itu berarti gas bekas hasil pembakaran bahan bakar dari dalam mesin yang telah keluar dari lubang knalpot ke udara bebas mengandung zat-zat tertentu. 

Sebelum  tahun 90 an, para ilmuwan di belahan bumi eropa dan amerika telah meneliti tentang zat-zat ini, baik jenis dan karakteristiknya bahkan pengaruhnya terhadap kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan. Kemudian mulai tahun 1990 menetapkan standard baku mutu kualitas gas buang agar diikuti oleh para pembuat mesin bensin atau mesin Diesel untuk mengurangi dampak buruk dari gas buang yang dihasilkan oleh mesin-mesin yang mereka buat terhadap manusia dan lingkungan. 

Jumlah mesin yang beroperasi (kendaraan-mobil-motor-red, mesin pembangkit litrik, mesin penggerak pabrik, alat berat, truck/bus, kapal laut, pesawat udara dll) yang semakin bertambah dari tahun ke tahun secara signifikan menjadikan standard baku mutu gas buang ini terus mengalami pembaruan. Karena semakin banyak jumlah mesin yang beroperasi berarti semakin banyak paparan gas berbahaya yang didapatkan oleh manusia dan lingkungan yang hal itu berarti dalam setiap harinya manusia terus mendapatkan paparan dari zat-zat berbahaya ini yang semakin mengancam kesehatannya. 

Tercatat semenjak tahun 1992, organisasi standarisasi emisi gas buang eropa telah menetapkan enam tingkat standarisasi emisi gas buang ini mulai dari EURO-1 hingga EURO-6 yang mulai diberlakukan semenjak 2014 didunia.  Sementara itu, organisasi standarisadi emisi gas buang Amerika (EPA) juga meluncurkan standarisasi emisi gas buang untuk diberlakukan di negara-negara bagiannya dengan TIER-1 hingga TIER-2 

Nah..sekian dulu singkat cerita cinta antara emisi gas buang terhadap EURO dan TIER, sekarang masuk ke bagian inti dari tujuan judul blog ini di uplaod yakni mengenai apa saja zat-zat yang keluar dari lubang knalpot mobil/ motor bensin dan dampaknya terhadap kesehatan Bro-Sis semua. Pada daftar berikut ini, warna biru merupakan kelompok zat yang tidak berbahaya terhadap kesehatan manusia, sementara warna hitam merupakan kelompok zat yang berbahaya terhadap kesehatan manusia.

  1. Nitrogen . Nitrogen berasal dari udara yang terhisap masuk ketika langkah hisap mesin, dimana dalam udara bebas mengandung 72% nitrogen dan sifat nitrogen ini tidak bisa terbakar.
  2. Karbon dioksida. Karbon dioksida merupakan hasil dari pernafasan/ respirasi mahkluk hidup namun juga dihasilkan ketika bahan bakar fosil terbakar
  3. Uap air.  Uap air dihasilkan oleh pembakaran sempurna antara bahan bakar dan oksigen, dimana ketika  bahan bakar bereaksi sangat cepat bersama oksigen akan menghasilkan karbon dioksida dan air. 
  4. Karbon monoksida. Dihasilkan ketika mesin hidup dalam kondisi idle, dimana ketika itu terjadi campuran kaya dan pembakaran terjadi dengan oksigen yang tidak mencukupi  untuk membakar semua bahan bakar yang terkompresi dan hasilnya pembakaran tidak sempurna
  5. Hidrokarbon. Adalah salah satu unsur kimia penyusun bahan bakar, dimana ketika bahan bakar tidak terbakar sempurna maka hidrocarbon tersisa akan terbuang bersama zat-zat yang lain melewati lubang knalpot. Hidrocarbon ini juga dihasilkan oleh uap bahan bakar yang keluar ke udara bebas melalui sistem ventilasi tangki dan juga melalui blow by gas
  6. Nitrogen oksida. Dikenal dengan singkatan (NOx), yang merupakan hasil reaksi kimiawi antara nitrogen dan oksigen dalam suhu tinggi
  7. Sulfur oksida. Dihasilkan ketika unsur belerang/ sulfur di dalam bahan bakar bereaksi dengan oksigen
  8. Debu timbal. Pada dasarnya timbal merupakan zat padat yang tidak larut ke dalam bahan bakar, timbal ini merupakan salah zatu zat paling murah yang dibentuk serbuk sangat halus yang ditambahkan ke dalam bahan bakar oleh perusahaan penjual bahan bakar untuk meningkatkan nilai oktana
  9. Partikulat. Berupa zat-zat padat selain timbal dan mengandung karbon sebagai hasil dari hidrocarbon yang bereaksi dengan suhu dingin.
Zat-zat berbahaya dari gas buang kendaraan dan dampakburuk terhadap kesehatan manusia

Baiklah, sekian dulu ulasan mengenai apa itu emisi gas buang semoga bisa dijadikan alternatif pemahaman buat Bro-Sis sekalian, salam (PRO).

Air keluar dari knalpot bukti bahwa bahan bakar terbakar sempurna dan ramah lingkungan

- -

Atikel terkait:

1. Cara mengurangi emisi gas buang



Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi