Translate

CARA MERAWAT AKI TIPE GEL


Artikel ini mengulas tentang cara merawat aki tipe gel yang meskipun dipromosikan sebagai aki bebas perawatan (maintenance free) tetap memerlukan perawatan agar usia pakai aki gel bisa maksimal.
Aki tipe gel

Hai Gaess, sudah paham dong kenapa di setiap kendaraan bro sis selalu ada aki? yapp..betul, karena teknologi di dalam kendaraan saat ini tidak lepas dari kebutuhan arus listrik, nah aki inilah yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke seluruh sistem kelistrikan yang ada di dalam kendaraan. Namun sebagaimana kompononen-komponen lain, aki ini juga memiliki batas usia pakai, dimana itu ditandai dengan habisnya kemampuan menyimpan muatan listrik, dan solusi paling "selamat" yang disarankan adalah menggantinya dengan aki baru sesuai dengan rekomendasi pembuat kendaraan.
Menariknya adalah, bahwa sangat mungkin usia pakai aki lebih pendek dari usia pakai normal yang di informasikan oleh pembuat aki. Salah satu hal yang membuatnya terjadi adalah kurangnya perawatan terhadap aki tersebut.
Meskipun aki gel ini sudah termasuk aki dengan maintenance free, namun tetap ada perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga kinerjanya sehingga mencapai usia pakai yang optimal. 
Nah, berikut adalah cara-cara merawat aki gel yang dihimpun dari berbagai sumber:
1. Periksa/ ukur tegangan aki (voltage) setiap sebulan sekali. Jika hasil menunjukkan tegangan aki kurang dari 50% maka lakukan pengisian ulang/ charging (referensi Honda). Aki masih memiliki kapasitas 100% jika tegangan yang terukur adalah 12,8 volt, sementara 50% kapasitas aki akan menghasilkan tegangan 12,3 volt. Sehingga jika didapati tegangan aki kendaraan Bro-Sis kurang dari 12,3 volt maka segera lakukan pengisian ulang/ charging untuk mencegah over-discharging (pengosongan berlebihan). Satu lagi untuk dicatat, bahwa over-charging (pengisian berlebihan) dan over-discharging sama-sama akan merusak performa aki dari waktu ke waktu dan ini adalah salah kunci untuk mencapai usia aki (secara umum) yang maksimal. 
Dalam salah satu literatur perawatan yang motohoby baca (referensi Honda), usia pakai aki normal berkisar 2-3 tahun.

Namun Bro-Sis tidak perlau terlalu kawatir dengan kemungkinan over-discharging ini jika kendaraan dipakai/ digunakan setiap hari. Dimana setiap kendaraan digunakan/ dipakai akan terjadi proses pengisian (charging) ke dalam aki, 

sehingga justru yang perlu diwaspadai adalah jika kendaraan tidak digunakan setiap hari.

Tegangan aki tetap terjaga di 12,8 volt meski telah berusia pakai lebih dari 2 tahun (kendaraan dipakai setiap hari)

2. Periksa adanya korosi pada terminal aki setiap sebulan sekali. Korosi dihasilkan dari reaksi kimiawi antara bahan pembuat terminal aki+ udara (kelembaban)+listrik mengalir, atau sering disebut sebagai fenomena sulfation/ belerangisasi. Korosi sangat mengganggu kelancaran arus keluar maupun masuk ke dalam aki, karenanya bersihkan terminal aki dan terminal kabel dari adanya korosi/ kontaminasi/ partikel asing. Pekerjaan membersihkan korosi dari terminal aki dan terminal kabel ini tergolong mudah dan ringan dengan alat yang cukup sederhana, Bro-Sis bisa menggunakan sikat gigi bekas atupun sikat kawat halus. 

Perlu diingat dan dilakukan, bahwa ketika membersihkan korosi dari terminal aki mungkin akan ada serbuk korosi yang berterbangan dan ini bisa mengancam kesehatan kulit, pernapasan dan mata, karenanya gunakan sarung tangan, masker dan kacamata keselamatan.
3. Jika kendaraan akan tidak digunakan dalam waktu lama (lebih dari sebulan), lepaskan terminal aki dan simpan aki dalam ruang yang kering dan suhu kurang dari 32 derajat celcius.Ini diperlukan agar tidak terjadi pengosongan yang berlebihan.
Bahkan suhu aki ketika bekerja juga mempengaruhi usia pakainya, dimana aki yang bekerja pada suhu yang panas memiliki usia pakai yang lebih pendek jika dibandingkan dengan aki yang bekerja pada suhu lebih dingin. 
Tabel pengaruh temperatur aki terhadap usia pakai

 Nah, demikianlah tiga cara merawat aki gel agar didapatkan usia pakai maksimal dan selamat merawat. Salam (PRO). 


-----------------------------------------------------------

Artikel terkait

Fungsi-fungsi pada multimeter digital

Cara menggunakan voltmeter



Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi