Translate

RODA BELAKANG BUNYI CEKLAKK, KENAPA NIH ?

Artikel ini mengulas tentang penyebab muncul suara ceklakk pada roda belakang sepeda motor matic. Sepeda motor matic yang dikisahkan di dalam artikel ini adalah Honda beat PGM-FI buatan 2013. Artikel ini juga menyinggung biaya perbaikan yang dikeluarkan untuk permasahan munculnya suara ceklakk pada roda belakang sepeda motor matic tersebut.

Hai Gaess, jumpa lagi di blog motohoby, semoga Bro-Sis dalam keadaan baik sekeluarga, ammiin. Kali ini motohoby akan mengulas satu dari beberapa pengalaman sebagai pemakai sepeda motor matic yang sudah cukup "tua" dan harus menservice bagian roda belakang akibat munculnya suara ceklakk, yang mungkin ditemui pada sepeda motor matic dengan usia pemakaian yang mirip-mirip. Suara ceklakk yang ini ternyata tidak terjadi setiap saat ketika ketika sepeda motor matic dipakai bergerak, melainkan hanya terjadi ketika sepeda motor matic dipakai bergerak dan tuas rem belakang digunakan. 

Atau dengan kalimat yang sederhana, bahwa bunyi ceklakk hanya terjadi sekali saja ketika motohoby melakukan pengeraman roda belakang.

Nahh, kawatir ini akan mengancam keselamatan langsung saja sepeda motor diberhentikan di lokasi yang selamat dan dilakukan pemeriksaan. Hmmm..tidak ada yang terlihat aneh dilokasi sekitar roda belakang, termasuk area disekitar kotak CVT. Tidak ada bagian yang terlihat terlepas atau hilang, tidak ada juga bagian yang mencurigakan seperti retak, putus, bocor oli pada mekanisme tuas rem dan kabel slingnya. 

Namun yang motohoby temukan adalah ternyata roda belakang sedikit oblak/ goyang ketika di periksa dengan sedikit kekuatan. Pikir motohoby, "inilah penyebab suara ceklakk pada roda belakang sepeda motor matic ketika rem belakang digunakan". 

Karena "oblak" yang dirasakan masih cukup kecil motohoby tetap melanjutkan perjalanan ke kantor dengan kecepatan laju yang disesuaikan agar tetap selamat sampai ditujuan, dan berencana untuk melakukan perbaikan di bengkel dekat tempat tinggal di ke-esokan hari.

Benar di ke-esokan hari, sepeda motor dibawa ke bengkel umum sepeda motor yang belokasi tidak jauh dari tempat tinggal untuk diperiksa dan diperbaiki, dan seorang mekanik memeriksa dan menuliskan daftar estimasi harga per komponen yang akan diganti terkait keluhan tadi. Sang mekanik pun juga mengatakan bahwa daftar tersebut bisa berbeda dengan kondisi aktual setelah pembongkaran, yang sangat mungkin akan lebih banyak lagi komponen yang harus diganti. Nah diantara daftar perkiraan biaya dan list itu adalah bearing roda/ atau mekanik bengkel umum menyebutnya dengan lahar/ laher seharga Rp. 75.000 ditambah parts/ komponen lain dan biaya pengerjaan total menjadi Rp. 236.000..nah jadi lumayan mahal ternyata.

Daftar estimasi biaya dan part yang diakan diganti

Mekanik pun langsung melakukan pembongkaran dan pemeriksaan setelah motohoby menyetujui estimasi termasuk syarat dan ketentuannya dan menginformasikan adanya saran berupa estimasi biaya penggantian sparepart agar keluhan yang motohoby temui dapat tuntas dengan sempurna tanpa gejala perbaikan kerusakan lanjutan, dan inilah daftar estimasi biayanya. Jika diperhatikan, memang yang disarankan untuk diganti bukan hanya laher dan teman-temanya sebagaimana estimasi awal, melainkan semua laher yang ada didalam girboks/ rasio termasuk poros roda dan tentu saja biayanya menjadi sangat lumayan, Rp.400.000 Gaess..!!!. Namun beruntung, lagi-lagi mekanik mendiskusikan ini dengan motohoby, walhasil dari diskusi itu dan mempertimbangkan banyak hal serta memperhatikan kondisi secara feel ling pada  laher/ bearing dan visual motohoby memutuskan untuk mengikuti saran sesuai list estimasi awal dan mekanik memberikan pertimbangan baik-buruknya yang sangat dipahami oleh motohoby. Pekerjaan penggantian sparepart pun berlanjut dan...
Daftar estimasi biaya dan part setelah mekanik melakukan pembongkaran

Inilah hasil akhir dari biaya perbaikan bunyi ceklak di roda belakang sepeda motor matik ketika rem belakang digunakan, terbayar Rp. 256.000 (Dua ratus lima puluh enam ribu rupiah)

Biaya perbaikan dan penggantian komponen bunyi ceklak di roda belakang

Nah..semoga artikel ini memberikan informasi buat Bro-Sis sekalian yang mengalami permasalahan serupa pada sepeda motor matic kesayangan yang mungkin saja akar masalah dari bunyi ceklakk di roda belakang adalah usia pakai bearing/ laher yang sudah melebihi batasnya. 

Tapi mungkin Bro-Sis bisa memperpanjang lagi usia pakai bearing roda sepeda motor matic ini dengan cara lebih berhati-hati dalam pemakaian dan melaksanakan perawatan rutin yang benar sesuai anjuran. 

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya, salam (PRO) 

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi