Translate

CARA PAKAI TRANSMISI OTOMATIS

 Artikel ini mengulas tentang salah satu cara pemakaian yang benar pada transmisi otomatis, yakni dengan memperhatikan setiap posisi selector transmisi tepat sesuai fungsinya. Fungsi-fungsi posisi selector mengambil referensi dari panduan operator/ pengguna unit articulated dump truck Volvo seri A60H, kurang dan lebihnya silakan dikonfirmasi dengan pabrikan mobil/ alat berat yang Bro-Sis akan kendarai/ operasikan. Sebagai tambahan informasi, transmisi otomatis pada A60H mengusung teknologi transmisi tipe planetary gear, 6 percepatan maju dan 2 percepatan mundur dengan fungsi lock-up. Perpindahan gear transmisi dikontrol oleh sebuah transmission ECU (T-ECU) berdasarkan data input dari sensor kecepatan mesin, posisi selector transmisi, sensor tekanan oli transmisi dan beberapa sensor pembaca kecepatan putar didalam transmisi.

Transmisi otomatis menjadi sebuah kebutuhan saat ini karena memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan penggunaan transmisi manual. Perpindahan setiap gearnya yang berlangsung otomatis dan tepat waktu akan menjadikan seorang pengemudi lebih fokus terhadap kemudinya sehingga jaminan keselamatan selama berkendara akan lebih baik. Terlebih jika sebuah kendaraan bekerja pada lokasi yang penuh resiko seperti lokasi tambang yang penuh tanjakan-turunan dan belokan, ataupun kondisi sedang membawa muatan berat. Fokus pengendara harus lebih tinggi lagi karena kesalahan sedikit saja beresiko fatal terhadap keselamatan dirinya, dan juga kendaraan yang sedang dikemudikannya. 

Pun begitu halnya pemakaian pada mobil yang Bro-Sis pakai sehari-hari untuk menunjang aktifitas, transmisi otomatis ini menjanjikan kenyamanan selama berkendara yang akan mengurangi salah satu penyebab kelelahan dan akhirnya berkendara menjadi lebih selamat. Namun, sepertinya hingga saat ini masih minimnya pengetahuan terhadap transmisi otomatis ini menjadikan jenis mobil dengan transmisi otomatis kurang  menarik untuk dipinang. 

Memang tidak bisa dipungkiri, momok biaya perbaikan yang lebih mahal dan konsumsi bahan bakar yang lebih boros masih menjadi pekerjaan rumah bagi pabrikan pembuat transmisi otomatis ini.

Posisi-posisi pada tuas selector transmisi otomatis pada Volvo articulated hauler A60H

Namun sebagaimana disinggung sebelumnya, motohoby akan bantu Bro-Sis untuk mengetahui beberapa hal terkait dengan transmisi otomatis ini, kita mulai dari sesuatu yang terlihat mata yakni fungsi-fungsi angka posisi gear pada salah satu tipe tuas selektor transmisi otomatis.

  1. Posisi 1. Gear transmisi akan berpindah dari NEUTRAL dan tertahan di gear pertama. 
  2. Posisi 2. Gear transmisi akan berpindah dari NEUTRAL dan secara otomatis berpindah naik/ turun dari gear pertama hingga gear ke-2. Gear maksimal tertahan di gear ke -2
  3. Posisi 3. Gear transmisi akan berpindah dari NEUTRAL dan secara otomatis berpindah naik/ turun dari gear pertama hingga gear ke-3. Gear maksimal tertahan di gear ke -3
  4. Posisi D. Gear transmisi akan berpindah dari NEUTRAL dan secara otomatis berpindah naik/ turun dari gear pertama hingga gear tertinggi (jika di articulated hauler A60H, gear tertinggi adalah gear 6). 
  5. Posisi N. Tidak ada gear yang dihubungkan (NEUTRAL)
  6. Posisi R. Gear transmisi akan berpindah dari NEUTRAL dan secara otomatis berpindah naik/ turun dari gear mundur (REVERSE) pertama hingga gear mundur ke-2 (contoh di articulated hauler A60H, gear tertinggi mundur adalah gear 2). 

 Selain fungsi-fungsi diatas, fungsi posisi selector di angka 1,2,3 ini cocok untuk kebutuhan dijalan menanjak panjang dan bermuatan berat, rpm mesin harus dijaga agar tidak melewati rpm perpindahan (up-shift) sehingga gear tertinggi tetap dipertahankan dan kendaraan tidak kehilangan momentum/ gaya dorong. Fungsi mempertahankan gear tertinggi ini disebut sebagai fungsi inhibitor yang akan menghasilkan dan mempertahankan momentum yang mencukupi bagi kendaraan untuk menaiki tanjakan dan juga untuk menghasilkan engine brake (pengereman mesin) yang mencukupi dan membantu mengefisienkan pengereman kaki ketika kendaraan menuruni turunan panjang. Salam (PRO)

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi