Translate

KARBURATOR HONDA BEAT

 Artikel ini mengulas secara singkat tentang informasi umum karburator bawaan (OEM-original equipment manufacture) Honda Beat. Referensi berasal dari panduan service dan serial buku otomotif kupas habis karburator sepeda motor, terbitan otomotif group 2009.

Mungkin Bro-Sis memiliki kendala yang sama dengan motohoby ketika mempelajari tentang karburator pada motor matic lansiran Honda ini. Memang banyak artikel di internet yang menyinggung tentang komponen pengabut bahan bakar pada salah satu matic terlaris buatan Honda ini, namun motohoby akan menyajikannya secara khusus. Apalagi akhir-akhir ini honda beat karburator ini kembali booming dikalangan pemotor, sehingga informasi tentang apapun terkait kendaraan matic ini akan sangat berguna bagi Bro-Sis yang sedang membutuhkannya.

Katup passive air injection recirculation


  1. Dibuat oleh Keihin dengan kode AVK2CH, dengan diameter ventury 22 mm, constant velocity (CV) throttle.  Mungkin Bro-Sis masih ada yang kurang puas dengan performa karburator tipe vakum bawaan pabrik dan berniat mengantinya dengan karburator non-vakum, namun perlu diingat bahwa diperlukan effort yang lumayan banyak jika akan melakukannya. Dari buku serial otomotif yang motohoby baca, karbu alternatif non vakum pengganti AVK2CH ini adalah berasal dari saudara jauh Yamaha RX King, mikuni VM26. Kombinasi main jet 105 dan pilot jet 22,5 dan posisi jet needle di no.2 (dari atas) terbukti menghasilkan kenaikan tenaga 0,47 daya kuda dan torsi pun terdongkrak sebesar 0,07 Nm. Dituliskan juga bahwa percobaan dengan ukuran main jet 130 tidak secara significant memperbaiki performanya selain munculnya asap hitam di ujung knalpot.
  2. Ukuran standard pilot jet 35 dan main jet 100. Bro-Sis yang ingin mengeksplore lebih jauh tanpa penggantian karburator bisa juga menempuh cara alternatif dengan mengganti ukuran pilot jet dan main jet nya. Nah..urusan pilot jet ini karburator Keihin Honda Karisma bisa digunakan untuk substitusinya. Sedangkan untuk main jet nya bisa cocok dengan main jet karburator Keihin bawaan Honda Tiger dan Suzuki Satria FU. Tabel dibawah menginformasikan tentang daftar kendaraan yang dapat saling tukar pilot jet dan main jetnya berdasarkan ukuran drat dan bentuk/ desainnya. 
  3. Memiliki sistem choke elektronik/ otomatis. Sistem pensuplai bahan bakar ketika start  pada Honda Beat ini bekerja secara otomatis, karenanya memang tidak terlihat adanya tuas choke pada setang ataupun pada body karburator. Fungsi choke ini dilakukan oleh parts bernama Starting Enrichement (SE) thermal valve/ katup thermal pembuat kaya saat start. Katup SE ini aktif dan mati oleh adanya tegangan dari kunci kontak dan signal negatif dari CDI dan sangat efektif membantu menghidupkan mesin.
  4. PAIR (passive air injection recirculation) ditambahkan di dalam sistem bahan bakar untuk mengurangi kandungan emisi gas buang dengan cara memasukkan kembali oksigen dari filter udara ke dalam exhaust manifold ketika mesin berputar idle
Nah, semoga informasi singkat ini semakin memotifasi Bro-Sis untuk  mencari informasi tentang karburator Honda Beat lebih lengkap lagi. Salam (PRO).

Daftar substitusi pilot jet- main jet (dari serial buku otomotif)

katup START ENRICHMENT THERMAL VALVE


------------------------------------------

Artikel terkait

------------------------------------------
<<< kembali ke halaman utama





Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi