Translate

Sistem instrument panel SDLG SERI L

 Artikel ini mengulas tentang fungsi indikator dan meter gauge yang terdapat pada wheel loader buatan SDLG (Shandong Lingong) seri L. Referensi berasal dari panduan (manual) pengoperasian dan perawatan wheel loader SDLG yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan juga hasil merangkum dari pengalaman mengajar motohoby.

Alat berat tidak bisa dilepaskan dari fitur-fitur keselamatan dalam teknologi nya. 

Dimensinya yang besar dan tuntutan performanya terjaga optimal, menjadikan fitur monitor kinerja sistem-sistem di dalamnya wajib ada, dan harus mudah dipahami dengan oleh operator yang sedang mengendalikannya. 

Salah satu fitur keselamatan yang terdapat didalam alat berat adalah adanya panel instrument yang terdiri dari beberapa gauge pengukur kondisi sistem sistem penting di dalam alat berat. Bukan merupakan sebuah monopoly teknologi yang hanya dimiliki oleh alat berat standard eropa, nyatanya alat berat buatan China pun sudah menerapkan teknologi ini. Meskipun setiap merek alat berat buatan China sangat mungkin memiliki desain dan fungsi yang berbeda, namun sepertinya wheel loader merek SDLG generasi L memiliki fitur yang cukup lengkap.

Panel instrument wheel loader SDLG seri L

  1. Nomer 1-10= Indikator warning yang akan menyala disertai suara buzzer HANYA ketika terjadi kondisi berbahaya di dalam sistem-sistem yang dimonitornya (1-Sistem pemanas ruang bakar, 2-Tekanan oli mesin, 3-Tegangan pengisian baterai, 4-Inching transmisi, 5-Sistem kemudi, 6-Sistem rem parkir, 7-Sistem rem roda, 8-Lampu kerja, 9-Status kunci kontak ON, 10-Status kandungan air didalam filter bahan bakar)
  2. A-Pengukur tekanan udara sistem rem roda
  3. B-Pengukur tekanan oli transmisi
  4. C-Pengukur jam kerja engine (hour meter)
  5. D-Pengukur rpm engine
  6. E-Pengukur jumlah bahan bakar didalam tangki
  7. F-Pengukur temperatur/ suhu oli transmisi
  8. G-Pengukur temperatur/ suhu cairan pendingin engine
Jadi bisa dibayangkan ya, bahwa ternyata lumayan banyak informasi yang harus dibaca dan dipahami oleh seorang operator wheel loader SDLG seri L ini. Pembuatan semacam check list pengecekan sebelum pengoperasian akan sangat membantu memonitor kesiapan operator dan kesiapan wheel loader ini, dan sangat penting untuk mendapatkan produktifitas dan usia pakai yang maksimal. Salam (PRO)




Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi