Translate

Cara kerja sensor kecepatan

 Artikel ini mengulas singkat tentang desain dan fungsi speed sensor (sensor kecepatan), sebagai pendekatan tentang cara kerjanya. Sensor kecepatan yang diulas disini adalah sensor kecepatan pada aplikasi otomotif. Referensi berasal dari material training kelistrikan dasar, dan beberapa artikel dari berbagai platform berbagi di internet.

Sensor kecepatan merupakan salah satu jenis sensor yang paling populer dipakai dalam aplikasi otomotif, yang diantara kegunaannya untuk mengukur kecepatan laju (km/jam), kecepatan putar mesin (rpm), kecepatan putar setiap roda (rpm), kecepatan putar setiap axle (rpm), dan fungsi-fungsi pengukur kecepatan putar beberapa poros (shaft) didalam mekanisme transmisi otomatis. Meskipun secara kegunaan berbeda-beda tapi memiliki desain dan fungsi yang boleh dibilang mirip.

  1. Secara umum merupakan sebuah generator pulsa magnetic (magnetic pulse generator), yang ketika bekerja menghasilkan pulsa (tegangan listrik AC). 
  2. Desainnya berupa magnet permanent yang dikelilingi oleh lilitan/ kumparan halus 
  3. Sensor terpasang fix/ tetap/ mati di sekitar metal deteksi. Metal deteksi berputar dengan jarak udara (air gap) yang tertentu, (spesifik) terhadap kutup sensor/ pole sensor.
  4. Ketika metal deteksi melintas dan hilang tepat pada pole sensor, maka ketika itulah sensor menghasilkan tegangan listrik AC. 
  5. Semakin sering (frekuensi) metal deteksi melintas dan hilang, maka akan semakin besar tegangan AC yang akan dihasilkan oleh sensor
  6. Tegangan listrik AC yang dihasilkan oleh sensor ini kemudian disebut sebagai tegangan signal
  7. Tegangan signal yang merupakan signal analog selanjutnya dirubah menjadi signal digital oleh sistem converter analog to digital sehingga menjadi informasi kecepatan yang diinginkan seperti rpm, km/jam dll
  8. Frequensi tegangan signal ini akan mengindikasikan seberapa cepat sesuatu yang dibacanya berputar
  9. Pola tegangan signal yang tercipta juga dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi suatu posisi penting, misalkan posisi top piston di sebuah silinder engine
  10. Karena pada dasarnya sensor ini adalah sebuah penghasil tegangan, maka nilai resistance/ tahanan listrik pada lilitan halus didalamnya menjadi penting selain air gap. Salam (PRO)
Desain sebuah speed sensor ( Wheel Speed Sensor Operation & Testing)



Ilustrasi proses generasi tegangan pada sensor (perhatikan bentuk flux magnet ketika metal deteksi melintas dan hilang di ujung pole sensor)

------------------------------------------------

Artikel terkait:


1. Sistem bahan bakar common rail

2. Fungsi sensor-sensor pada sistem bahan bakar common rail

3. Teknologi canggih excavator Volvo-1

4. Cara kerja sensor tekanan

5. Cara kerja sensor temperatur

6. Teknologi cylinder balancing


------------------------------------------------

πŸ…±πŸ…°πŸ…²πŸ…Ί  πŸ…·πŸ…ΎπŸ…ΌπŸ…΄ πŸ…ΏπŸ…°πŸ…ΆπŸ…΄



Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi