Translate

Monitor Instrument Volvo R60D-Rigid Hauler

  Artikel ini mengulas tentang fungsi indikator dan meter gauge yang terdapat pada rigid hauler buatan Volvo model R60D. Referensi berasal dari panduan (manual) pengoperasian dan perawatan Volvo R60D dan juga hasil merangkum dari pengalaman mengajar motohoby.

Monitor-gauge meter pada instrument Volvo R60D

  1. Tachometer (RPM)= melalui monitor rpm engine ini, operator dapat mengontrol power engine untuk disesuaikan dengan kebutuhan performa. Termasuk didalamnya adalah ketika operator mengharapkan penguncian posisi gear transmisi untuk mendapatkan kemampuan menanjak yang bagus, sekaligus untuk menghasilkan engine brake yang lebih besar ataupun pendinginan oli rem yang lebih baik.
  2. Speed Meter (KPH)= sangat berguna untuk memonitor kecepatan laju yang berdampak vital terhadap keselamatan selama pengoperasian
  3. Temperatur Coolant Engine= operator cukup melihat penunjuk pada rentang warna yang tersedia, dimana abu-abu berarti temperatur coolant dingin dan mengindikasikan truck belum siap untuk digunakan bekerja. Nahh..ketika jarum telah menunjuk pada range hijau, maka truk rigid sudah siap untuk digunakan bekerja. Namun segera periksa atau hubungi mekanik, ketika jarum menunjuk pada rentang warna merah. Sebuah lampu peringatan overheat pada instrument juga akan menyala di ikuti suara alarm ketika temperatur coolant engine mengalami kepanasan
  4. Tekanan Oli Engine= terdapat dua rentang warna, dimana rentang merah mengindikasikan tekanan oli engine terlalu rendah, dan rentang warna hijau menandakan bahwa tekanan oli engine cukup. Sama seperti status temperatur coolant, ketika tekanan oli engine ada di rentang warna merah, sebuah lampu peringatan engine oil low pressure pada instrument juga akan menyala di ikuti suara alarm.
  5. Monitor Jumlah Bahan Bakar
  6. Tekanan Oli Transmisi= warna merah untuk rentang tekanan oli terlalu rendah, warna hijau menandakan tekanan oli transmisi cukup. Perlu Bro-Sis ingat, bahwa tekanan oli transmisi ini sangat mempengaruhi performa perpindahan gear otomatis pada truck ini. Tekanan oli transmisi yang cukup juga akan menjamin setiap piston pemindah gear bekerja dengan sempurna minim gejala selip, yang pada akhirnya akan memperpanjang usia pakai puluhan piringan kopling di dalamnya.
  7. Temperatur Oli Transmisi= pastikan R60D ini di operasikan dalam kondisi temperatur oli transmisi berada pada rentang hijau. Hubungi mekanik ketika jarum penunjuk berada di rentang kuning atau merah. Panas yang berlebihan akan menurunkan viscositas oli transmisi, yang secara langsung akan menurunkan performa transmisi.
Pembuatan check list pengecekan sebelum pengoperasian akan sangat membantu memonitor kesiapan rigid hauler ini sebelum di operasikan, dan sangat penting untuk mendapatkan produktifitas dan usia pakai yang maksimal dan tentu saja menunjang keselamatan. Salam (PRO)

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi