Translate

CARA MENGGUNAKAN VOLTMETER

 Artikel ini mengulas secara singkat tentang cara menggunakan voltmeter untuk aplikasi praktis sehari-hari dalam dunia otomotif. Voltmeter yang dimaksud adalah voltmeter yang terdapat dalam salah satu fungsi digital multimeter.

Voltmeter adalah salah satu alat ukur yang sangat familiar dalam pekerjaan didunia otomotif, yang ternyata dengan memahami fungsinya bisa digunakan untuk beberapa keperluan yang tak hanya mengukur tegangan baterai/ aki saja. 

Secara fungsi, voltmeter didesain untuk mengukur perbedaan potensial/voltase/tegangan (volt) di kedua titik ukur. So..ketika display voltmeter menampilkan angka 12,8 volt, berarti beda potensial antara titik yang terukur antara probe merah dan probe hitam adalah sebesar 12,8. Atau dengan kalimat lain, bahwa probe merah bertegangan 12,8 volt dan probe hitam bertegangan 0 (nol) volt. 

Menarik untuk dipahami bahwa, ketika display voltmeter menampilkan angka 2,6 volt tidak selalu berarti bahwa titik ukur tersebut bertegangan 2,6 volt. 2,6 volt tersebut bisa berarti bahwa ada perbedaan voltase antara probe merah terhadap probe hitam sebesar 2,6 volt. Artinya, titik ukur dengan probe merah bertegangan 12 volt dan titik ukur dengan probe hitam bertegangan 11,4 volt. Jadi angka 2,6 volt tersebut bisa diartikan sebagai voltase yang "hilang" di sepanjang sirkuit listrik antara titik ukur probe merah hingga titik ukur probe hitam. Nah dengan pemahaman konsep ini, voltmeter bisa digunakan untuk mendiagnosa apakah terdapat hubungan terbuka/open circuit/ putus kabel diantara dua titik ukur, misal untuk mencari tahu penyebab tidak menyalanya lampu depan/lampu kepala, padahal filament lampu tidak putus. Jadi, jika misal beda voltase antara positif baterai (baterai kondisi bagus misal 12,8 volt) terhadap titik positif lampu tertampil 12,8 volt ketika saklar lampu di ON kan maka itu berarti ada titik yang mengalami "putus hubungan" disepanjang sirkuit lampu kepala dari baterai hingga titik positif lampu.

Konsep cara kerja voltmeter tersebut juga dimanfaatkan untuk mengetahui kapasitas baterai kendaraan Bro-Sis. Caranya, pasangkan probe merah voltmeter terhadap kutup positif baterai dan probe hitam voltmeter ke kutup negatif baterai. Lalu perhatikan perubahan angka yang tertampil pada display voltmeter ketika kunci kontak di ON kan, bandingkan dengan angka ketika kunci kontak OFF. Normalnya, ketika kunci kontak di ON kan, tegangan baterai akan terukur turun, tapi sejauh nilai turunnya dibawah batas maksimal artinya kapasitas baterai kendaraan Bro-Sis masih OK. Oleh beberapa brand pembuat kendaraan, batas maksimal turunnya tegangan baterai ketika kunci kontak ON ini dituliskan dalam buku pedoman service. Nah, lebih jelasnya silakan simak tabel berikut. 

Salam (PRO)

Tabel fungsi voltmeter


Kapasitas baterai berdasarkan tegangan yang terukur dengan voltmeter


------------------------------------------------------------

Artikel terkait:

Fungsi-fungsi pada multimeter digital

Cara kerja kiprok Honda beat Fi -2


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi