Translate

PLANETARY GEAR

 Artikel ini mengulas sederhana tentang bagaimana desain dan fungsi-fungsi pada susunan roda gigi planetary atau juga disebut susunan roda gigi epicyclic. Referensi berasal dari berbagai sumber literasi yang motohoby gunakan dalam memberikan training mekanik internal kami.

Susunan roda gigi planetary terdiri dari sebuah ring gear, sebuah sun gear, beberapa gear planetary dan sebuah planetary carrier. Dengan mengkombinasikan mana gear sebagai penggerak, dan mana gear yang di "rem" untuk tidak bergerak/ stationer maka akan dihasilkkan gear yang akan bergerak (output driven). Sebuah susunan planetary/ set dapat menghasilkan total enam (6) variasi output driven, yang terdiri dari empat (4) variasi searah putaran input dan dua (2) variasi berlawanan putaran input. Dengan kata lain, satu set planetary bisa menghasilkan total enam (6) rasio gear, dimana empat (4) rasio dengan arah putaran searah putaran input, dan dua (2) rasio dengan arah putaran berlawanan dengan putaran input. 

Fenomena tersebut sangat menguntungkan jika planetary ini digunakan sebagai transmisi dalam sebuah aplikasi otomotif, karena kompak. 

Terlebih jika keterbatasan ground clearance dan center of gravity menjadi faktor penting yang harus didapatkan sekaligus, seperti kebutuhan pada mobil penumpang, bus, truck jalan raya. Bahkan truck-truck off road (ala berat) juga menggunakan susunan roda gigi  planetary ini untuk transmisi otomatisnya. Tak hanya untuk aplikasi transmisi otomatis, susunan gigi planetary juga digunakan sebagai hub reduction (reduksi hub) dan swing reduction (reduksi swing)  pada excavator dan motor starter tipe reduksi. Untuk lebih jelasnya, silakan kebet ilustrasi dan tabel berikut ini ya. 

Salam (PRO)

Tabel hubungan antar gear dalam susunan planetary. lustrasi gambar planetary diambil dari https://youtu.be/FYYxC6KkEHc


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi