Translate

Teknologi Rem Parkir Alat Berat

 Artikel ini mengulas singkat tentang bagaimana desain dan fungsi-fungsi rem parkir dalam aplikasi otomotif - alat berat. Alat berat yang dibahas pada artikel ini adalah alat berat/ alat konstruksi brand Volvo-SDLG, sehingga mungkin ada perbedaan dengan desain dan fungsi dengan merek lain.

Rem parkir dalam sebuah kendaraan memiliki fungsi menjaga keselamatan ketika kendaraan sedang dalam kondisi terparkir. Dengan rem parkir ini, maka kendaraan terhindar dari potensi meluncur/ menggelinding secara tidak sengaja sehingga objek/ manusia di sekitarnya tidak beresiko tertabrak akibat kendaraan tersebut meluncur/ menggelinding. 

Karenanya, setiap pabrikan mendesain rem parkir sedemikian rupa sehingga kendaraan-kendaraan yang dibuatnya tetap selamat dan menyelamatkan manusia/ objek ketika diparkirkan oleh pengemudinya.

Jika pada mobil penumpang, rem parkir dioperasikan dengan tuas rem parkir dengan cara menarik atau mendorongnya atau melalui saklar rem parkir, maka pada sepeda motor, tuas rem parkir di tarik dengan jari melalui sebuah tuas rem parkir disekitar tuas rem tangan. So, desain pengoperasian rem parkir disesuaikan dengan kemampuan menahan berat kendaraan ketika parkir, dan kekuatan otot untuk mengoperasikannya. Lalu bagaimana desain rem parkir untuk alat berat yang beratnya tentu saja jauh lebih berat dari kendaraan penumpang? bahkan untuk kelas truck hauler artikulasi 40 ton, berat kosong (tidak bermuatan) bisa mencapai 80 ton.

Rem parkir pada alat berat/ alat konstruksi didesain untuk dapat dioperasikan dengan sangat mudah, dan ditempatkan di lokasi yang mudah diakses dan terlihat dari pandangan operator ketika mengemudi. Dua pertimbangan itu menjadi hal yang sangat penting karena rem parkir ini juga akan berfungsi sebagai rem darurat/ rem emergency ketika terjadi kegagalan sistem rem roda atau operator menghendaki pengereman darurat.

Lokasi tombol rem parkir pada rigid hauler Volvo R100E

Rem parkir pada alat berat bekerja secara elektronik - hidrolik atau elektronik - pneumatic (udara bertekanan tinggi) dengan prinsip kerja rem negatif. Rem negatif ini adalah desain rem yang akan bekerja secara otomatis ketika engine/ mesin, mati (tanpa perintah dari aktifasi saklar rem parkir). Mekanisme pegas yang sangat kuat didalam kaliper rem parkir akan mendorong brake pad terhadap piringan rem parkir, sehingga fungsi tombol rem parkir sebenarnya adalah tombol pembebas/ release rem parkir. Beberapa detik setelah tombol rem parkir di tekan ke posisi rem parkir bebas/ release (engine/ mesin hidup) maka suplai oli hidrolik/ udara bertekanan akan masuk ke dalam kaliper rem parkir dan melawan gaya pegas itu, jika tekanan oli/ udara cukup kuat untuk melawan pegas tersebut, maka rem parkir bisa terbebas dan alat berat bisa digerakkan maju-mundur/ di dorong. Berbeda dengan fungsi saklar rem parkir pada kendaraan penumpang modern saat ini, dimana saklar ini akan mengaktifkan motor listrik yang terpasang pada kaliper rem roda dan mendorong brake pad untuk menjepit cakram rem roda, kemudian untuk membebaskan rem parkir, maka motor listrik harus berputar kebalikan arah ketika mendorongnya. Jadi untuk untuk mengaktifkan rem parkir motor listrik harus berputar, dan untuk melepaskan rem parkir motor listrik juga harus berputar (putaran motor kebalikan dengan arah putaran ketika mendorong)

Karena fungsinya yang fital untuk menjaga keselamatan manusia dan objek, ketika alat berat ini parkir, maka performa sistem rem parkir ini harus diperiksa secara berkala. Bahkan, begitu terlarangnya (karena sangat berbahaya) untuk mengoperasikan alat berat dalam kondisi rem parkir yang buruk, pembuat alat berat juga mendesainnya sehingga rem parkir ini tidak mudah untuk di bebaskan/ release paksa selain dengan cara yang benar. Pembuat alat berat juga mendesainnya sehingga fungsi rem parkir ini terhubung dengan sistem-sistem lain untuk menambah tingkat keselamatannya, dan ulasan tentang sistem-sistem terkait rem parkir ini akan di ulas di edisi berikutnya, in sha ALLAH. Salam (PRO)

Beberapa model tombol rem parkir pad alat berat Volvo Constuction Equipments



Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi