Translate

EXCAVATOR - Pengetahuan Produk

 Artikel ini mengulas sederhana tentang pengetahuan produk excavator. Literasi berasal dari pengalaman mengajar motohoby dan didukung oleh beberapa artikel dari website.

Excavator adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan excavation (ekskavasi), yaitu pekerjaan menggali secara presisi, terutama untuk pekerjaan mengeluarkan sesuatu "yang spesifik" dari dalam tanah. 

Nah, karena fungsi utama alat tersebut adalah untuk melakukan penggalian secara presisi, maka pada alat berat ini terdapat beberapa bagian utama untuk fungsi menggali yaitu: boom, arm, bucket, counterweight. Operator mengoperasikan/ mengendalikan gerakan boom, arm, dan bucket dengan menggunakan joystick/ tuas pilot yang ada di sisi tangan kiri dan kanan kursi operator

Excavator dan nama bagian-bagian luar nya


Pada umumnya di Asia, joystick kanan digunakan untuk mengontrol gerakan boom dan bucket. Sementara joystick sebelah kiri digunakan untuk mengontrol gerakan arm dan swing. Swing adalah gerakan body berputar ke kiri atau ke kanan. Swing ini digunakan untuk merubah posisi menggali ke posisi memuat/ loading di atas bak truck atau meletakkan tanah/ material di lokasi buang.

Nah agar sebuah excavator dapat bekerja dengan sempurna, dibutuhkan beberapa tuntutan performa, yaitu:

1. Harus menghasilkan gaya gali yang cukup. Gaya penggalian dihasilkan oleh gerakan arm bergerak masuk untuk merobek tanah/ material dengan menggunakan cutting edge pada bucket. Ketika tanah/ material telah masuk dan memenuhi bucket, maka operator menggerakkan bucket masuk agar tanah/ material tertampung maksimal di dalam bucket. Jika diperlukan, boom juga digerakkan turun untuk semakin menambah gaya gali. Boom, arm dan bucket bergerak oleh dorongan dan tarikan silinder hidrolik. Terdapat satu buah silinder hidrolik penggerak bucket, sebuah silinder hidrolik untuk penggerak arm, dan dua buah silinder hidrolik untuk penggerak boom. Silinder-silinder hidrolik ini menghasilkan gaya dorong/ gaya tarik dari tekanan oli hidrolik di dalamnya. Semakin besar tekanan oli hidrolik di dalam silinder, maka semakin kuat silinder tersebut mendorong. So, untuk menghasilkan gaya gali yang cukup, maka tekanan oli hidrolik haruslah mencukupi. Tak kalah penting, agar gaya gali mencukupi maka beban gali harus lebih kecil dari pada kemampuan maximal menggali.

2. Harus menghasilkan gerakan yang terkontrol presisi. Tekanan hidrolik yang besar nyatanya tidak selalu menguntungkan dalam beberapa hal, terutama soal kepresisian gerakan. Tekanan hidrolik yang besar dan terjadi secara tiba-tiba, terutama ketika di awal pergerakan silinder hidrolik akan membuat gerakan terasa menghentak di awal gerakan, dan hentakan ini menjadikan pengontrolan menjadi sulit untuk presisi. Bisa Bro-Sis bayangkan, seandainya boom harus bergerak 10 mm saja akan seperti apa sulitnya jika silinder-silinder hidrolik tidak bisa dikontrol presisi. Karenanya, sejumlah teknologi diterapkan untuk menghasilkan kontrol gerakan yang presisi di dalam sistem hidroliknya, seperti katup anti kavitasi, katup kompensasi, katup anti rebound damping, termasuk tuas pilot/ joystick yang menggunakan tekanan hidrolik relatif kecil agar menghasilkan gerakan silinder yang relatif lembut.

3. Harus memiliki sistem pendukung penggalian yang reliable/ bisa handalkan. Kenyataan bahwa untuk menggali presisi dibutuhkan gerakan tambahan berupa maju atau mundur (travellling), swing ke kiri atau swing ke kanan. Travelling diarea menanjak dibutuhkan kemampuan dorong motor travel hidrolik yang lebih kuat daripada travelling di permukaan yang relatif datar. Sebaliknya, travelling dikondisi jalan yang relatif datar dan panjang sangat menguntungkan untuk meraih kecepatan (km/jam) travelling yang lebih cepat. Dua kebutuhan tersebut yang terakomodir oleh adanya pilihan mode travelling low speed (mode kura-kura) dan mode travelling high speed (mode kelinci). Kehandalan kedua mode travelling tersebut dibutuhkan agar produktifitas excavator dapat terus terjaga optimal, termasuk kehandalan sistem pendukung lainnya. 

Pada kesempatan lain, kita akan ulas lebih lanjut tentang excavator ini, in sha ALLAH. Salam (PRO).





Referensi

What is called as excavation? 

Gambar excavator

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi