Translate

PAVER-Pengetahuan Produk

 Artikel ini mengulas secara singkat tentang alat konstruksi jalan yang berfungsi untuk menghampar aspal. Referensi yang digunakan adalah materi ajar yang biasa digunakan motohoby, dengan merk produk penghampar aspal dari Swedia.  

Pekerjaan menghampar aspal dalam konstruksi jalan nyatanya bukan sebuah pekerjaan yang sederhana dan mudah. Kebutuhan kualitas jalan yang seringkali spesifik semakin membuat pekerjaan menghampar aspal ini menjadi semakin tidak mudah. Karenanya dibutuhkan desain dan teknologi paver yang mampu menghasilkan kualitas jalan sesuai harapan. 

Beberapa kebutuhan kualitas jalan yang seringkali motohoby temui antara lain:

1. Jalan harus memiliki tingkat kerataan permukaan (grade) yang konsisten. Untuk tujuan ini, paver bekerja dengan teknologi sistem levelling yang terdiri dari sensor pembaca kerataan permukaan jalan, controller (ECU) pemproses data kerataan permukaan dan mengontrol gerakan tow point cylinder. Juga terdapat teknologi pengontrol gerakan screed (lebih detil kita ulas di edisi yang lain_insha ALLAH)

2. Jalan harus memiliki kemiringan (slope) yang mendukung keselamatan pemakai jalan. Kemiringan dibutuhkan untuk memastikan tidak ada genangan air diatas permukaan jalan karena genangan air akan mengurangi daya cengkeram ban terhadap permukaan jalan dan berpotensi mengurangi keselamatan berkendara. Untuk menghasilkan slope yang dikehendaki, sebuah paver bekerja dengan sensor slope, controller untuk mengendalikan gerakan tow point cylinder dan gerakan screed.

Paver dan sensor level

3. Jalan harus memiliki tingkat kepadatan yang maksimal agar memiliki daya tahan yang baik. Setiap jalan memiliki kapasitas menopang beban (bearing capacity) yang berbeda-beda, dimana salah satu hal yang mempengaruhinya adalah tingkat kepadatan (density) setiap lapisan-lapisan (layers) penyusun jalan. Guna menciptakan kepadatan yang diinginkan ini, paver memiliki teknologi tamper dan vibration. Tamper bekerja dengan cara menumbuk permukaan aspal yang masih lembek sehingga menjadikannya lebih padat, sementara vibration bekerja untuk menghasilkan distribusi material penyusun aspal yang lebih baik.

Nah, itu dulu sekelumit kisah tentang pengetahuan produk alat konstruksi yang disebut paver, mudah mudahan memotifasi Bro-Sis untuk mengenalinya lebih lanjut, salam (PRO).



 

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi