Translate

STRUKTUR ORGANISASI BENGKEL

 Artikel ini mengulas sederhana tentang bagaimana struktur organisasi mekanik bengkel mobil dan alat berat . Referensi berasal dari pengalaman motohoby selama bekerja di perusahaan prinsipal mobil dan dealer alat berat, dan mengandung asumsi-asumsi pribadi yang mungkin tidak sesuai dengan kondisi aktual/ paling update saat ini.

Sebagaimana terdapat didalam sebuah perusahaan lainnya, struktur organisasi diperlukan untuk mengefektifkan semua potensi sumber daya dan mengefisienkan biaya guna mencapai keuntungan yang semaksimal mungkin melalui standarisasi jalur komunikasi dan pengambilan keputusan. 

Struktur organisasi secara langsung menginformasikan tentang bagaimana jalur komunikasi dan pengambilan keputusan terkait pekerjaan berlangsung di sebuah perusahaan. Alur komunikasi (hirarki) ini penting karena bagaimanapun hal ini adalah salah satu kunci utama bagi sebuah perusahaan mencapai visi-misinya. 

Meskipun pada kenyataannya sangat mungkin bisa terjadi pergantian fungsi-fungsi dan jabatan di dalam struktur organisasinya, tapi secara umum bentuk dasarnya seperti bagan berikut ini.

Bagan struktur organisasi mekanik bengkel

Dari bagan tersebut, terlihat bahwa fungsi tertinggi di dalam sebuah bengkel adalah seorang kepala bengkel, kemudian setelahnya ada seorang service advisor (SA) atau supervisor. SA atau supervisor ini memiliki anak buah seorang/ beberapa foreman, dan setiap foreman memiliki beberapa anak buah dengan fungsi mekanik dan beberapa orang dengan fungsi service administrator. 

Nah, jadi tahu kan bahwa seorang mekanik sebenanya memiliki prosedur urut-urutan berkomunikasi, apalagi terkait dengan keputusan penting untuk Customer yang sedang memperbaiki kendaraannya, termasuk keputusan bagaimana dan apa jenis pekerjaan yang ditugaskan kepadanya dihasilkan. Lebih jelasnya silakan kebet tabel berikut dan semoga informasi menginspirasi Bro-Sis untuk mempelajarinya lebih lanjut, salam (PRO).

Ilustrasi flow pekerjaan bengkel


________________________________________________________________________

Baca juga:

1. Gambaran umum pekerjaan mekanik (mekanik Dealer)



<--Kembali ke beranda






Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi