Translate

Apa fungsi air radiator?

 Artikel ini mengulas secara sederhana tentang fungsi-fungsi air radiator (coolant). Artikel merupakan ringkasan dari beberapa artikel, buku otomotif, dan asumsi pribadi motohoby.

Air radiator adalah zat cair yang berfungsi untuk menurunkan panas mesin. Sesuai dengan fungsinya, zat cair ini bersirkulasi di dalam mesin. Lebih tepatnya bersirkulasi di dalam mantel air yang ada disekeliling dinding silinder (liner) dan kepala silinder. Nah, sirkulasi ini terjadi ketika suhu mesin belum mencapai 85 derajat Celcius. Ketika suhu mesin sudah diatas 85 derajat Celcius, maka air radiator yang panas mengalir ke radiator. Radiator inilah yang berfungsi untuk menurunkan panas air radiator yang mengalir dari dalam mesin tadi_sesuai namanya penurunan panas terjadi secara radiasi.

Fungsi air radiator sebagai pembawa/penyerap panas mesin itu nyatanya tidak sampai disitu saja. Karena dalam bekerjanya yang bersirkulasi di dalam mesin dan pipa-pipa kapiler di dalam radiator, maka dibutuhkan kemampuan extra selain kemampuanya dalam cepat menyerap panas mesin dan kecepatannya dalam menurunkan temperatur dirinya ketika di dalam radiator

Kemampuan-kemampuan tambahan meliputi:

1. Kemampuan sebagai anti karat. Air radiator yang ketika bekerja bersirkulasi dan "tinggal"di dalam mantel air pendingin mesin ketika mesin mati wajib memiliki kemampuan anti karat. Anti karat yang dimaksud adalah kemampuan untuk TIDAK MENYEBABKAN KARAT terhadap komponen komponen mesin yang terbuat dari unsur besi yang dilewati oleh air radiator ini. Karat wajib dicegah karena karat dapat menyumbat pipa-pipa kapiler radiator. Lapisan karat dipermukaan mantel air pendingin juga akan mengurangi efisiensi penyerapan panas oleh air radiator yang bersirkulasi didalamnya, jadi lapisan karat ini seperti "selimut" yang mencegah panas dari mesin terserap oleh air radiator. Karenanya, air pendingin haruslah tidak mengandung unsur mineral terutama unsur besi, yang menjadi cikal bakal terjadinya karat apabila bereaksi dengan air.

Salah satu fungsi cairan radiator untuk mencegah karat pada dinding liner silinder

2. Kemampuan sebagai anti rusak seal/ karet. Tidak semua komponen pada sistem pendingin terbuat dari metal, melainkan ada seal dan gasket yang terbuat dari karet ataupun bahan non logam lain. Seal ini salah satu lokasinya terletak pada bearing pompa air.  Karakteristik air radiator yang secara pelan tapi pasti bereaksi secara kimiawi terhadap kandungan karet pada seal dan gasket mengharuskan adanya kemampuan "melapisi" permukaan karet/gasket yang akan melindungi seal mengalami kontak langsung dengan air radiator 

3. Kemampuan untuk tidak mendidih pada temperatur diatas 100 derajat celcius.

4. Kemampuan untuk tidak membeku pada temperatur 0 derajat celcius.

Nah, sudah tahu kan beberapa fungsi air radiator yang ternyata tidak kalah penting dengan cairan-cairan lain untuk kendaraan Bro-Sis? So, rawat dengan baik air radiator ya agar kendaraan andalan senantiasa dalam kondisi siap. Salam (PRO)

Contoh-contoh lokasi tangki cadangan cairan radiator pada beberapa kendaraan



Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi