Translate

Apa fungsi busi ?

 Artikel ini mengulas secara singkat tentang fungsi busi (spark plug) di dalam sebuah mesin pembakaran dalam (internal combustion engine-ICE) dengan bahan bakar bensin. Artikel ini juga selintas menyinggung tentang bagaimana melakukan perawatan busi untuk menjaga performa mesin kendaraan kesayangan.

Pasti Bro-Sis sudah tahu bahwa, sumber tenaga mesin kendaraan berasal dari pembakaran bahan-bakar di dalam ruang bakar mesin (combustion chamber). Mesin dengan bahan bakar bensin atau solar (Diesel fuel) akan merubah energi kimia yang terdapat didalam bahan bakar bensin menjadi energi panas dengan cara membakarnya didalam ruang pembakaran. Tapi berbeda dengan mesin berbahan bakar solar, mesin bensin membutuhkan busi untuk meng-ignite campuran bahan bakar dan oksigen yang telah ter-mixture dan terkompresi didalam ruang bakarnya. 

Busi diperlukan di dalam ICE bensin karena karakteristik bahan bakar bensin yang memiliki angka flash point yang sangat rendah, sehingga api pemicu - igniter diperlukan untuk mencegahnya terbakar dengan sendirinya akibat temperatur auto ignition

 Temperatur flash point adalah temperatur terendah dimana bahan bakar bensin berubah menjadi vapour (uap), yaitu sekitar -40 °C (minus empat puluh derajat celcius). Sementara temperatur auto ignition adalah temperatur dimana bensin dapat terbakar dengan sendirinya tanpa bantuan igniter, yaitu sekitar 247–280 °C. Bandingkan dengan bahan bakar solar yang memiliki angka flash point lebih dari 52 °C dan angka auto ignition 120 °C. Sehingga temperatur yang panas ketika campuran bahan bakar dan oksigen terkompresi menguntungkan untuk mesin bahan bakar solar tapi tidak untuk  mesin dengan bahan bakar bensin.

Ketika busi bekerja terus-menerus menghasilkan percikan bunga api didalam ruang bakar bertemperatur sangat panas  1537,78 °C - 2482,22 °C, maka bagian ujung elektroda busi akan mengalami pengikisan/ aus dan nilai tahanan listrik (resistansi-Ohm) di dalam busi akan bertambah. Keausan elektroda semakin hari akan semakin banyak akan menyebabkan gap (celah) elektroda busi semakin jauh. Pertambahan nilai tahanan listrik busi juga akan terus terjadi dari waktu ke waktu penggunaan busi di dalam mesin bensin, yang akan menjadikan sebuah busi sangat sulit dialiri listrik. 

Hingga tiba saatnya dimana gap dan nilai tahanan listrik busi sudah melebihi batas wajarnya dan busi tidak lagi bisa dialiri arus listrik bertegangan tinggi, gagal terjadi percikan bunga api pada ujung elektroda yang berdampak pada gagalnya hidup sebuah mesin bensin.

Artinya, bahwa sebuah busi memiliki usia pakai dan pastikan diganti sebelum masa pakainya tercapai agar kendaraan terus dapat diandalkan untuk mensupport aktifitas Bro-Sis. 

Salam (PRO)

Tabel penggantian busi motor Yamaha, celah busi dan kode busi


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi