Translate

Apa Fungsi Spidometer Sepeda Motor ?

 Artikel ini mengulas secara mendasar tentang cara menggunakan "spidometer" untuk kebutuhan berkendara yang selamat dan nyaman diperjalanan. Edisi pertama tematik speed meter ini membahas fungsi dan kegunaan spidometer secara umum. Referensi berasal dari pengalaman pribadi motohoby dan didukung oleh panduan pengguna beberapa model sepeda motor.

Speedometer adalah salah satu komponen keselamatan yang selalu ada disetiap kendaraan bermotor, tapi mungkin saja masih ada diantara Bro-Sis yang kurang paham tentang fungsi dan kegunaanya untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara sehari-hari. Secara arti, speedometer adalah sebuah alat ukur laju kecepatan kendaraan dalam satuan jarak tempuh per waktu tempuh. Di Indonesia, Bro-Sis lebih akrab dengan satuan kilometer per jam (km/h-kilometer per hour). 

Tapi, sebenarnya apa yang disebut dengan speedometer yang ada dibenak masyarakat saat ini tidak hanya berupa pengukur laju kendaraan saja melainkan sebuah panel informasi pengendara yang terpasang pada dashboard, yang berisi berbagai meter dan lampu indikator/petunjuk. 

Beberapa poin berikut semoga dapat mempermudah pemahaman tentang meter cluster atau panel meter atau dashboard monitor ini:

  1. Speedometer adalah alat ukur laju kendaraan, karenanya dengan mengetahuinya maka seorang pengendara yang sadar akan memiliki kewaspadaan lebih tinggi sehingga akan menunjang keselamatan berkendara.
  2. Selain speedometer, ada juga meter lain seperti: meter petunjuk bahan bakar tersedia dan odometer.
  3. Odometer adalah alat ukur jarak tempuh. Digunakan sebagai referensi/ acuan waktu perawatan rutin kendaraan seperti penggantian oli mesin, penggantian perangkat rem, dll.
  4. Tachometer juga seringkali diperlengkapkan disamping speedometer. Tachometer adalah alat ukur jumlah putaran mesin per satuan waktu, familier dengan satuan RPM (revolution per minute). Jika speedometer berfungsi sebagai salah satu penunjang keselamatan berkendara, maka tachometer ini berfungsi untuk menunjang keselamatan mesin dan drive train kendaraan. Bro-Sis dapat menggunakan tachometer ini untuk menjaga putaran mesin tidak melebihi batas selamatnya_tidak melebihin red line, karena mesin yang sering berkitir pada rentang red line berpotensi rusak lebih cepat dibandingkan mesin yang terjaga putarannya di rentang wajar. 
  5. Pada kendaraan dengan sistem bahan bakar injeksi terkomputerisasi, didalam meter cluster juga terdapat lampu indikator status kerusakan mesin. Dimana jika lampu ini menyala artinya ada potensi kerusakan mesin dan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk diperbaiki.
  6. Lampu status nyala lampu keselamatan juga terdapat pada speedo meter seperti status nyala lampu utama jarak jauh dan status lampu tanda belok. Dengan mengetahui nyala lampu tersebut pada speedometer, maka Bro-Sis bikers dapat mengetahui apakah lampu belok menyala/ mati, atau berkedip/tidak berkedip. Karena lampu tanda belok ini mendukung keselamatan berkendara, maka pastikan indikator lampu belok pada speedometer menyala berkedip ketika saklarnya di pilih ketika akan berbelok dan mati ketika di OFF kan. Segera periksa dan perbaiki ya jika lampu indikator sein ini mati/ tidak berkedip ketika saklar sein dipilih ke kiri-kanan.
Salam (PRO)

Konten informasi spidometer sepeda motor-1

Konten informasi spidometer sepeda motor-2


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi