Translate

Apa Fungsi Aki ?

Artikel ini meresume secara sederhana tentang fungsi aki di dalam sistem kelistrikan kendaraan sepeda motor dan mobil.

Didalam kisah beroperasinya sebuah kendaraan baik sepeda motor, mobil, bahkan alat berat, pastilah selalu didahului dengan tahapan menyalakan mesin atau menstarter mesin agar mesin bisa berputar/ hidup dan kendaraan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Untuk kendaraan dengan mesin kecil, proses menstarter ini bisa dilakukan dengan kick starter ataupun hand crank tapi lain cerita untuk menyalakan kendaraan dengan mesin yang besar. Sebuah mesin yang besar pastinya akan terasa sangat berat untuk diengkol dengan kaki/tangan manusia karenanya dibutuhkan sistem starter elektrik/ listrik agar proses menyalakan mesin terjadi dengan mudah dan selamat.  

Sama halnya dengan sistem starter manual dengan kaki/tangan, dimana untuk membuat mesin menyala/ berputar, diperlukan putaran awal terhadap poros engkol (crankshaft) sehingga siklus kerja lengkap mesin terjadi dengan sempurna dan proses pembakaran bahan bakar berlangsung secara terus-menerus untuk menghasilkan putaran poros engkol selanjutnya. Sistem starter elektrik bekerja dengan cara merubah energi listrik menjadi energi mekanis putar melalui motor starter, sehingga dengan kata lain untuk membuat motor starter bekerja memutar crankshaft, wajib diperlukan sumber energi listrik, dan aki adalah sumber energi listrik untuk tujuan tersebut.

Penjelasan singkat diatas semoga cukup untuk memberikan gambaran tentang bagaimana sebuah aki berfungsi sangat penting untuk mengoperasikan sistem starter mesin, yang dengannya mesin dapat dihidupkan. Dan selain berfungsi sebagai penyedia arus listrik untuk sistem starter (penyalaan) mesin, berikut adalah fungsi-fungsi penting aki didalam kendaraan:

  1. Sebagai penyedia arus listrik untuk sistem keselamatan berkendara seperti; sistem lampu depan, sistem indikator belok, sistem indikator pengereman, sistem klakson
  2. Sebagai penyedia arus listrik untuk sistem informasi berkendara seperti; sistem indikator jumlah bahan-bakar, sistem lampu penerang spidometer, sistem speedometer digital (jika tersedia), sistem informasi posisi gear transmisi (jika tersedia)
  3. Sebagai penyedia arus listrik untuk sistem kelistrikan mesin seperti; sistem bahan bakar injeksi, sistem pengapian, sistem pelumasan (jika tersedia), sistem pendinginan (jika tersedia)
Nah, ternyata aki berfungsi sangat vital didalam kendaraan, bahkan saking vitalnya, aki yang bermasalah/ tidak berfungsi sempurna bisa menyebabkan kendaraan mogok dijalan. 
Jadi, jangan lupakan perawatan aki kendaraan ya Bro-Sis agar kendaraan selalu bisa dihandalkan. Salam (PRO).
Aki dan salah satu perawatannya




-----------------------------------------------------------




Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi