Translate

Apa fungsi oli mesin ?

 Artikel ini mengulas singkat tentang fungsi oli mesin secara umum untuk aplikasi truck dan alat berat dengan mesin Diesel. Referensi berasal dari materi ajar dasar-dasar mekanik yang disarikan dari beberapa literatur resmi prinsipal pembuat truck dan alat berat dari Swedia.

Sistem pelumasan mesin Diesel Volvo TD70

 

Oli mesin didalam aplikasi truck dan alat berat memiliki beberapa fungsi penting, yaitu:

  1. Fungsi menurunkan panas mesin. Oli bekerja menurunkan panas mesin dengan cara konduksi ketika oli mengalir didalam sistem pelumas mesin. Panas dibagian dinding-dinding komponen mesin terserap oleh oli ketika mengalir. Semakin deras oli mengalir, maka akan semakin banyak panas yang bisa terserap oleh oli mesin ini. Untuk menyempurnakan kemampuan menurunkan panasnya, sistem pelumasan mesin modern dilengkapi dengan pendingin oli/ oil cooler. Oil cooler ini selanjutnya "didinginkan" oleh aliran air radiator didalam blok mesin
  2. Fungsi melumasi. Pelumasan yang terjadi diantara permukaan-permukaan parts yang bersingungan akan mencegahnya dari potensi macet.
  3. Fungsi merapatkan. Merapatkan/ sealing dibutuhkan untuk mengurangi kebocoran gas didalam ruang pembakaran melalui ring piston. Oli mesin yang berada diantara ring piston dan dinding silinder berkontribusi dalam merapatkan ini selain fungsi pegas yang terdapat pada semua ring piston.
  4. Fungsi membersihkan. Fungsi membersihkan disini adalah membersihkan permukaan-permukaan parts mesin dari lapisan asing yang tidak diperlukan oleh mesin. Lapisan asing ini apabila tidak dibersihkan akan semakin tebal hari demi hari yang akhirnya dapat menyumbat aliran dan mengurangi efisiensi penyerapan panas oleh oli mesin. Karenanya, oli mesin yang terus mengalir setiap hari akan mencegah munculnya sludge dan mencegah terjadinya keausan permukaan parts mesin yang diakibatkan oleh reaksi kimia.
Nah, sehingga dengan ke-empat fungsi penting itu, maka:
Jika oli mesin dipilih dengan tanpa perhitungan matang atau tidak dirawat (diganti) sesuai masa pakainya akan berakibat mesin cepat panas, mesin cepat rusak akibat keausan yang cepat, boros bahan-bakar dan tenaga loyo, macetnya mesin akibat aliran oli yang tersumbat oleh sludge atau karat didalam mesin.
Jadi gunakan oli untuk mesin dengan spesifikasi yang benar dan rawatlah secara rutin agar mesin terjaga performa dan keawetannya. Paling mudah, ikutilah rekomendasi pembuat mesin untuk spesifikasi oli mesin dan anjuran interval penggantian oli mesinnya. 
Salam (PRO)

___________________________________________________

🅗🅞🅜🅔Kembali ke halaman utama


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi