Translate

Apa Bagusnya Koil Pengapian Racing ?

 Apakah Bro-Sis sedang mempertimbangkan penggunaan koil pengapian racing untuk meningkatkan performa kendaraan kesayangan? Cocok, karena didalam artikel ini merangkum beberapa jurnal dan artikel terkait beberapa fakta tentang koil racing yang mungkin akan membantu Bro-Sis untuk memutuskan atau memilih atau mempelajari lebih lanjut tentang penggunaan koil-koil yang katanya "racing" ini.

Di simpulkan dari beberapa artikel, nyatanya bahwa penggunaan koil racing tidak selalu menghasilkan kenaikan daya kuda pada mesin sepeda motor. Bahkan, beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan koil racing malah mereduksi/ menurunkan daya kuda

Ilustrasi salah satu merek koil racing dan pengkabelannya

Langsung saja kita analisis berdasarkan rangkuman data-data berikut, yang disarikan dari beberapa artikel hasil penelitian penggunaan koil racing (link artikel tersedia dicatatan kaki ya)

Tabel hasil rangkuman perubahan daya kuda dengan penggunaan koil racing

  1. Dari ke-enam data tersebut, empat penelitian penggunaan koil racing terbukti menunjukkan hasil kenaikan daya kuda, sementara dua penelitian lain justru menghasilkan penurunan daya kuda
  2. Kenaikan daya kuda tertinggi dari penggunaan koil racing berdasarkan ke-enam penelitian tersebut adalah sebesar 10%. Sementara salah satu penelitian menunjukkan penurunan terendah sebesar 10.8 %. 
  3. Ke-enam penelitian tersebut menggunakan merek koil racing yang semuanya berbeda, bahkan sepeda motor yang digunakan untuk penelitian juga berbeda-beda semuanya.
 Kesimpulan motohoby berdasarkan analisis diatas, adalah bahwa:
  1. Tidak semua merek koil racing menghasilkan kenaikan daya kuda pada mesin sepeda motor
  2. Besarnya persen (%) kenaikan daya kuda dari penggunaan koil racing bervariasi tergantung merek koil
  3. Besaran persen (%) kenaikan daya kuda yang terjadi pada sebuah merek sepeda motor bisa berbeda dengan kenaikan yang terjadi pada merek sepeda motor lainnya
Nah, sudah tahu kan apa bagusnya koil pengapian racing? Tinggal cari tahu nih apa tidak bagusnya koil pengapian racing agar Bro-Sis tidak menyesal dalam mengambil keputusan ganti koil pengapian racing. Salam (PRO) 

-----------------
Referensi:
-----------------


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi