Translate

CARA KERJA INJECTOR COMMON RAIL

 Apakah Bro-Sis sudah paham tentang bagaimana sebuah injector common rail bekerja? Karena pemahaman ini mungkin akan membantu Bro-Sis untuk mempelajari lebih lanjut teknologi sistem bahan bakar mesin Diesel atau untuk kebutuhan trouble shooting.

Secara umum, injector pada mesin Diesel berfungi untuk mengabutkan dan menyebarkan bahan bakar didalam ruang bakar (materi training Volvo Diesel engine general). Dewasa ini, kualitas pengabutan dan penyebaran menjadi kunci performa tenaga maksimal dan kunci ramahnya gas buang yang dihasilkan. Sistem bahan bakar common rail menjadi salah satu teknologi yang bisa menyediakan kualitas pengabutan dan penyebaran bahan bakar yang lebih baik jika dibandingkan dengan sistem bahan bakar konvensional mekanikal penuh. 

Pada injector,  tekanan bahan bakar yang sangat tinggi menjadi kunci baiknya kualitas pengabutan, sementara terjaganya tekanan yang besar dalam durasi yang cukup menjadi kunci baiknya penyebaran bahan bakar didalam ruang bakar

Sistem bahan bakar common rail mampu menyediakan ketiga kebutuhan itu agar fungsi injector bekerja sebagaimana mestinya, ditambah fungsi kontrol elektronik yang akan membuat takaran jumlah bahan bakar yang terinjeksi semakin presisi. 

Nah, untuk lebih memudahkan pemahaman tentang cara kerja injector common rail, berikut adalah ilustrasi penampang injector bahan bakar pada sistem bahan bakar common rail merek BOSCH - CRIN.

Injector Common Rail BOSCH-CRIN

Cara kerja:

  1. Injector belum aktif: dengan katup solenoid yang masih OFF, tekanan bahan bakar didalam chamber keseluruhan adalah sama besar. Pegas didalam nozzle mendorong nozzle needle kebawah rapat terhadap dudukannya, bahan bakar tekanan tinggi terperangkap didalam chamber injector
  2. Solenoid ON: ketika katup solenoid terbuka, bahan bakar mengalir dari valve control cavity menuju saluran kembali (return line), dan ini membuat tekanan bahan bakar didalam cavity menjadi turun (rendah)
  3. Injeksi dimulai: Spool servo hidrolik bergerak keatas akibat tekanan bahan bakar yang tinggi mendorong pegas untuk naik bersama dengan naiknya needle nozzle dan penyemprotan dimulai
Lebih jelasnya, silakan simak ilustrasi bagian-bagian injector BOSCH-CRIN dibawah ini. Dilain kesempatan, motohoby akan ulas tentang poin-poin penting terkait bagaimana injector tipe ini bekerja secara normal, in sha Allah. Salam (PRO)
Ilustrasi nama-nama komponen di dalam injector BOSCH-CRIN



Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi