Translate

Kiprok yamaha mio karbu

 Artikel ini meresume beberapa catatan penting tentang kiprok yamaha mio karbu yang bersumber dari manual service. Berguna untuk Bro-Sis yang sedang mencari informasi terkait kiprok yamaha mio karbu, baik untuk DIY ataupun pekerjaan professional.

Kiprok yamaha mio karbu 5TL-H1960 (SH656A-12)

Kiprok pada yamaha mio karbu berfungsi untuk menyediakan tegangan DC untuk mengisi ulang baterai/ aki 12 volt/ 5 Ah. Untuk memastikan fungsi pengisian baterai berlangsung sempurna, maka kiprok yamaha mio karbu harus bisa menghasilkan tegangan output 14 volt dengan daya keluaran 100watt pada rpm mesin 5000 rpm. So..untuk menghasilkan 100 watt ini berarti kiprok yamaha mio karbu harus bisa mengeluarkan arus listrik sebesar 7,145 ampere. Tentu bukan tugas yang sederhana untuk sebuah kiprok berukuran mungil ini. 

Kiprok buatan SHINDENGEN-Jepang ini bekerja dengan prinsip membuang arus listrik ke ground ketika tegangan baterai telah terisi penuh. Karenanya, kiprok ini memiliki kapasitas penyearahan yang lebih besar dari pada kebutuhan arus listrik maksimum nya untuk fungsi pengisian baterai standard. Jika kebutuhan arus listrik standard sebesar 7,145 ampere, maka kiprok buatan SHINDENGEN ini memiliki kapasitas penyearahan hingga 8 ampere. Kapasitas penyearahan yang lebih besar daripada kebutuhan arus maksimalnya inilah yang menjadi salah satu kunci keawetan dan performa yang stabil dalam waktu yang relatif lama. 

Kiprok yang digunakan pada yamaha mio karbu juga berfungsi untuk meregulasi tegangan menuju lampu utama. Hanya saya sedikit berbeda dengan fungsi meregulasi tegangan pengisian untuk baterai, jika untuk pengisian baterai harus tegangan DC yang sangat stabil, maka untuk power supply lampu utama dibiarkan AC. 

Hal itu terlihat dari desain input-output jalur kelistrikanya, dimana tegangan output dari alternator/ generator untuk fungsi power supply arus listrik untuk lampu diparalel menuju kiprok. Sehingga bersamaan dengan arus dialirkan menuju lampu utama, arus juga dialirkan menuju kiprok untuk diregulasi menjadi 13-14 volt AC dengan kuat arus maksimal 12 ampere.

Sementara itu, fungsi regulator tegangan pengisian baterai akan memastikan bahwa tegangan output kiprok untuk  pengisian baterai bertahan stabil di 14,1 volt hingga 14,9 volt DC. Dengan kapasitas output maksimal 100 watt, tentu sudah sangat memadai untuk mengisi ulang kapasitas baterai standard dengan beban pada sistem kelistrikan standard. Sebaliknya, tegangan pengisian 14,9 volt ini mungkin tidak mencukupi lagi jika kebutuhan arus listrik pada yamaha mio karbu sudah ditingkatkan seperti adanya penambahan kapasitas klakson, penambahan jumlah lampu, peningkatan kapasitas (watt) lampu ataupun pemasangan aksesoris-aksesoris yang membutuhkan arus listrik. 

Jadi, perlu kiranya sekali lagi untuk memperhatikan antara kemampuan kiprok dalam mengisi ulang kapasitas baterai dan kebutuhan arus listrik didalam yamaha mio karbu andalan Bro-Sis agar tidak terjadi gejala aki tekor. salam (PRO)

Jalur kabel-soket kiprok yamaha mio karbu


------------------------------------------------------------------

Artikel terkait didalam blog ini

1. Jalur kiprok yamaha mio karbu

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi