Translate

Cara Kerja Joystick Excavator Volvo EC210B

 Artikel ini  mengulas tentang desain dan fungsi-fungsi yang terdapat pada joystick excavator Volvo EC210B. Pengetahuan ini akan membantu Bro-Sis dalam memahami lebih mendalam terkait sistem hidrolik pada excavator secara umum, untuk berbagai kebutuhan yang membutuhkan pengetahuan tentang sistem hidrolik, khususnya pada excavator Volvo EC210B. Referensi berasal dari pengalaman mengajar motohoby dan materi ajar teknikal excavator tingkat dasar hingga tingkat menengah.

Joystick atau remote control valve didalam excavator digunakan untuk mengontrol gerakan attachment. Kontrol gerakan attachment ini meliputi: gerakan boom naik, gerakan boom turun, gerakan bucket masuk, gerakan bucket keluar, gerakan arm masuk, gerakan arm keluar, gerakan swing ke kanan, gerakan swing ke kiri. Selain untuk mengontrol bergerak dan tidaknya attachment, joystick juga digunakan untuk mengontrol respons gerakan attachment

Ketika digerakkan oleh operator, katup servo didalam joystick akan mengirimkan oli bertekanan untuk mendorong katup pengarah aliran (directional control valve) didalam katup kontrol utama (main control valve) alias MCV. Semakin kuat joystick digerakkan, maka semakin besar tekanan sekunder (tekanan servo) yang di kirimkan untuk mendorong directional control valve di dalam MCV ini. Walhasil, directional control valve terdorong lebih jauh dan oli dengan tekanan utama yang dialirkan menuju silinder/ motor hidrolik akan lebih deras/ banyak. Dalam kondisi normal, operator akan merasakan tenaga hidrolik yang semakin kuat ketika joystick digerakkan secara maksimal. Belum cukup sampai disini, operator masih bisa menambah kecepatan gerak silinder/ motor hidrolik dengan menambah rpm mesin.

Jadi, untuk mendapatkan kekuatan hidrolik, operator perlu menggerakkan joystick hingga maksimal. Jika gerakkan joystick maksimal ditambah dengan kenaikan rpm mesin, maka operator akan mendapatkan gerakan attachment yang kuat dan lebih gesit.

Nah, berikut adalah beberapa poin penting terkait dengan cara kerja joystick excavator volvo EC210B:

1. Pada dasarnya, joystick pada excavator EC bekerja dengan prinsip pressure reducing valve

2. Besarnya tekanan sekunder (tekanan servo) yang dihasilkan oleh joystick ditentukan oleh kekerasan pegas, yang diciptakan oleh kuat dan lemahnya operator menggerakkan joystick

3. Tekanan sekunder terkecil yang dihasilkan oleh joystick sebesar 5,5 kg/cm² , dan tekanan maksimal sebesar 40 kg/cm²

4. Tekanan servo adalah tekanan yang dihasilkan (output) oleh joystick/ pedal. Sedangkan tekanan pilot adalah tekanan supply (input) untuk joystick.

Selamat belajar, salam (PRO)

Grafik sudut pengoperasian dan secondary pressure




Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi