Translate

Apa penyebab sepeda motor mogok di jalan ?

 Artikel ini akan memberikan pengetahuan tentang hal-hal yang dapat meyebabkan sepeda motor mogok diperjalanan. Sehingga Bro-Sis dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan agar sepeda motor tidak mogok dijalan, dan senantiasa dapat diandalkan untuk mendukung aktifitas penting. Referensi bersifat umum dan dapat digunakan untuk sepeda motor dengan bahan bakar bensin sistem injeksi elektronik ataupun karburator. 

Saat sekarang ini (Januari 2023), teknologi sepeda motor sudah mengalami banyak perkembangan. Mulai dari sistem karburator yang dikembangkan menjadi sistem injeksi elektronik. Kemudian sistem pengapian mekanis dikembangkan menjadi sistem pengapian elektronik (CDI/ TCI). Lalu ada sistem kopling manual dikembangkan menjadi sistem kopling otomatis. Berikut sistem transmisi manual dikembangkan menjadi transmisi matic. 

Meskipun sudah mengalami banyak perkembangan, pada kenyataannya menurut motohoby sepeda motor mogok dijalan diakibatkan oleh terjadinya dua buah kegagalan, yaitu: (1) kegagalan kerja mesin, dan (2) kegagalan sistem mekanis. Kegagalan kerja mesin berarti bahwa, mesin gagal menjalankan tugasnya untuk menyedian gaya putar. Sementara kegagalan mekanis berarti bahwa gaya putar yang telah dihasilkan oleh mesin tidak bisa tersalurkan hingga ke roda penggerak.

Lebih lanjut, kegagalan kerja mesin disebabkan oleh tidak terjadinya pembakaran bahan bakar didalam ruang bakar mesin. Atau, pembakaran bahan bakar yang terjadi, tidak menghasilkan tenaga yang cukup untuk menggerakkan mekanisme poros engkol. 

Nah, beberapa faktor berikut dapat menjadi penyebab tidak terjadinya pembakaran didalam ruang bakar mesin yaitu: (a) busi tidak menghasilkan bunga api, (b) tidak tersedia bahan bakar yang mencukupi didalam ruang bakar, dan (c) tekanan kompresi yang terlalu rendah. Berikut salah satu diagram alir penyelesaian masalah hilangnya api busi yang menjadi salah satu hal yang paling sering menjadi penyebab sepeda motor mogok dijalan, dan cara pengetesan sederhana yang bisa dilakukan sendiri. Lain kesempatan, akan dilanjutkan dengan cara pengetesan instant sistem bahan bakar ketika sepeda motor mogok dijalan, in sha ALLAH, salam (PRO)





link sumber gambar:

tips darurat: membangunkan busi mati

kabel setan

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi