Translate

Apa Itu Horse Power Mesin ? Part-2

 Artikel ini melanjutkan ulasan tentang apa itu horse power, sehingga Bro-Sis akan mendapatkan pemahaman lebih baik dan semakin termotifasi untuk mempelajarinya lebih lanjut dimasa sekarang ataupun dimasa mendatang. Artikel ini merupakan analisis pribadi dengan berdasarkan pada data-data real yang dihimpun dan disimpulkan oleh motohoby. 

Menurut https://www.dictionary.com/browse/power, daya/ power ditranslate  ke dalam bahasa adalah, kemampuan untuk melakukan atau bertindak; kemampuan melakukan atau mencapai sesuatu. "Mampu melakukan sesuatu" ini menjadi ukuran performa yang akhirnya memisahkan antara mesin dengan power kecil dan mesin power besar. Dengan kata lain, mesin dengan power besar berarti mesin dapat melakukan pekerjaan yang lebih berat. 

Atau, mesin dengan power besar bisa juga diartikan sebagai mesin yang bisa melakukan pekerjaan dengan waktu selesai/ tuntas lebih singkat.

"Horse power" atau disingkat hp, sebenarnya hanya salah satu diantara beberapa satuan/unit "daya". Karena selain hp, ada satuan "daya" yang populer lainnya di Indonesia khususnya seperti: dk,Ps, dan watt. Berdasarkan standardisasi DIN66036, satu daya kuda (1dk) atau satu horse power (1hp), adalah power yang dibutuhkan untuk mengangkat beban seberat 75 kg, setinggi 1 meter, dalam waktu 1 detik. Jadi, horse power itu menggambarkan seberapa kuat dan seberapa cepat sebuah mesin dapat menjalankan tugasnya.

Trend daya dan torsi mesin Diesel Volvo D6E dan D7E

Contoh dua chart diatas memperlihatkan tentang trend/ grafik horse power dan torsi, yang dihasilkan oleh dynamometer dengan standardisasi SAE J1995 gross. Grafik hijau adalah grafik daya dan torsi sebuah mesin D6E-Diesel 6000 cc. Sementara grafik biru adalah grafik daya dan torsi untuk mesin D7E-Diesel 7000cc. Semoga cukup untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana mesin dengan tenaga yang besar, dibandingkan dengan mesin dengan tenaga yang lebih kecil. 

Terbaca pada trend/ grafik warna hijau, bahwa pada putaran mesin 1200 rpm menghasilkan daya kuda sebesar 112 hp. Sementara pada putaran mesin yang sama, mesin yang satunya pada grafik biru telah menghasilkan daya kuda sebesar 179 hp. Nah, sehingga dapat dipahami bahwa mesin D7E dapat menyelesaikan pekerjaan yang lebih berat dalam waktu yang sama dengan waktu yang diberikan kepada mesin D6E. Putaran mesin dalam hal  ini adalah sebagai parameter waktu, dimana power kedua mesin tersebut sama-sama dilihat pada putaran mesin 1200 rpm. Salam (PRO)

-----------------------------------------------------

Dynamometer= alat pengukur tenaga mesin

D6E= Diesel 6 liter (6000cc) seri E


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi