Translate

Cara kerja pressure reducing valve-Joystick

 Artikel ini mengulas singkat tentang cara kerja pressure reducing valve pada aplikasi joystick hidrolik-mekanik. Pengetahuan ini akan membantu Bro-Sis dalam memahami lebih mendalam terkait sistem hidrolik pada excavator secara umum, untuk berbagai kebutuhan yang membutuhkan pengetahuan tentang sistem hidrolik. Referensi berasal dari pengalaman mengajar motohoby dan materi ajar teknikal excavator tingkat dasar hingga tingkat menengah.

Langsung saja, berikut beberapa poin penting untuk membantu Bro-Sis mendapatkan gambaran awal. Sebagai bantuanya, perhatikan ilustrasi yang merupakan simbol pressure reducing valve didalam joystick dibawah ini.

Simbol dan arti pressure reducing valve didalam joystick

  1. A adalah piston yang didorong oleh gerakan operator mengoperasikan joystick
  2. B adalah pegas pengembali piston, dengan pegas ini maka joystick kembali ke posisi normal ketika tidak didorong oleh Operator
  3. C adalah katup pengarah aliran oli. Via katup ini, oli bertekanan tinggi diarahkan mengalir dari 2 ke3, ataukah dari 3 ke 1. Secara proporsional sesuai banyak dan sedikitnya katup ini terbuka oleh dorongan piston pendorong katup A
  4. D adalah pegas pengontrol tekanan servo. Semakin terdorong, maka akan semakin keras ketegangan pegasnya, dan menghasilkan tekanan servo yang lebih besar
  5. Garis putus-putus adalah jalur deteksi tekanan. Ketika tekanan pada jalur servo sudah cukup mempu untuk melawan ketegangan pegas D, maka katup pengarah aliran C akan kembali pada posisinya yang netral. Dimana tidak ada oli yang dialirkan dari/ ke jalur servo.
Pegas ini juga yang akan membatasi tekanan maksimum yang bisa "dikeluarkan " oleh joystick untuk tugasnya mendorong spool didalam MCV.

Nah, poin diatas berlaku untuk satu gerakan saja. Artinya, jika sebuah joystick didesain untuk dua buah gerakan, misalkan untuk menggerakkan naik dan turun, maka tersedia dua buah pressure reducing valve didalam mekanisme joystick ini. Salam (PRO)
Pressure reducing valve kondisi tidak aktif dan kondisi aktif


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi