Translate

Control Valve (directional)

 Artikel mengulas tentang desain dan fungsi directional control valve. Lebih khusus pada aplikasi spool boom didalam main control valve (MCV) excavator kelas 48 ton brand Swedia. Referensi berasal dari materi ajar teknikal untuk mekanik tingkat menengah.

Secara desain, directional control valve adalah sebuah katup pengarah aliran oli. Dalam bekerjanya, katup ini digerakkan maju-mundur atau ke kiri-kanan oleh operator excavator. Via katup pilot ( joystick), operator akan mendorong katup yang familiar disebut spool ini. Semakin jauh operator menggerakkan joystick, maka semakin jauh spool ini terdorong, dan walhasil semakin banyak oli yang dialirkan menuju silinder boom. Semakin banyak oli yang dialirkan, maka akan semakin cepat/ gesit silinder boom bergerak.


Spool boom dalam bentuk simbol, penampang dan wujud aktual

Contoh diatas adalah directional control valve atau spool 9/3. 9 menunjukkan jumlah port/ saluran, dan 3 menunjukkan jumlah posisi (naik-netral-turun). Dua diantara 9 port ini adalah saluran tengah/ center passage, dimana saluran ini akan mengijinkan oli mengalir menuju spool lain sebagai suplai oli ketika spool ini sedang di posisi netral. Istilah open center control valve kemudian dikenal ketika center passage ini terhubung dengan jalur tangki oli. Salam (PRO)


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi