Translate

Intercooler

 Artikel ini mengulas secara sederhana tentang desain dan fungsi intercooler. Referensi berasal dari materi ajar dasar-dasar mekanik yang disarikan dari literatur resmi lansiran prinsipal pembuat mesin truck, bus, dan alat konstruksi asal Swedia. Sehingga mungkin ada perbedaan desain dan fungsi intercooler yang Bro-Sis pelajari dari pembuat engine yang lainnya.

Intercooler didesain untuk menurunkan temperatur udara pengisi (charge air), sementara charge air ini dihasilkan oleh turbocharger. Kepadatan oksigen didalam udara yang temperaturnya lebih rendah akan menjadi lebih baik (lebih padat), sehingga ini akan menguntungkan dalam usaha untuk menghasilkan pembakaran bahan bakar yang simultan (serempak). Pastinya, pembakaran bahan bakar didalam ruang bakar yang serempak akan menghasilkan tenaga mesin yang lebih "besar".

ilustrasi kerapatan oksigen pada temperatur tinggi vs temperatur rendah

Komponen didalam turbocharger yang bekerja bersama dengan gas buang yang panas, akan menghasilkan udara pengisi yang panas pula. Yang dalam hal ini udara yang mengalir ke dalam intercooler akan semakin panas sering dengan lama nya engine bekerja. Karenanya, dalam bekerja intercooler membutuhkan sebuah media "pembawa panas" atau pendingin yang bisa berupa udara yang mengalir ataukah cairan yang mengalir.

Didalam sistem engine dengan kontrol bahan bakar elektronik, temperatur udara didalam intake manifold (charge air temperatur) juga digunakan untuk mengontrol "jumlah" bahan bakar yang di injeksikan ke dalam ruang bakar. Bahan bakar yang disemprotkan akan ditambah ketika temperatur air charge ini rendah, dan sebaliknya jumlah semprotan akan berkurang ketika udara didalam intake manifold terbaca "panas diluar standard" oleh sensor boost temperature.

Pada engine Volvo D16E yang digunakan pada articulated hauler A40E, intercooler didesain untuk menjaga temperatur udara pengisi (charge air) di angka sekitar 100°C. Yang dalam hal ini, temperatur charge air 100°C akan menyumbang 10% tenaga mesin. 

Artinya adalah bahwa, intercooler yang bekerja tidak sebagaimana mestinya akan berakibat pada berkurangnya tenaga engine sebesar 10%. So rawat bik-baik ya Bro, agar performa engine terus terjaga di performa yang maksimalnya, salam (PRO).

----------------------------------------------

1. link Wikipedia intercooler & aftercooler 


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi