Translate

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi

 Artikel ini mengulas secara sederhana tentang fungsi-fungsi yang dikendalikan oleh relay utama pada honda beat pgm-fi non ISS tahun 2013. Referensi berasal dari web pembuat relay merek OMRONservice manual honda beat pgm-fi dan DIY motohoby ketika menjalankan hoby nya. Artikel ini akan membantu Bro-Sis dalam mendapatkan pemahaman lebih baik terkait fungsi relay utama pada honda beat pgm-fi model "bletakk" ini.

Lokasi dan bentuk fisik relay utama honda beat PGM-Fi 2013

Relay utama honda beat pgm-fi non ISS berfungsi untuk mengontrol power suplai untuk sistem kelistrikan sekunder (sub system) yang mendapatkan perlindungan dari sekring (fuse) 10 A. Sistem kelistrikan sekunder yang dilindungi oleh fuse 10 A di dalam honda beat pgm-fi non ISS yaitu: 

  1. Kontrol motor starter (saklar starter, saklar rem depan, saklar rem belakang)
  2. Saklar klakson
  3. Flasher
  4. Lampu intrumen panel (lampu indikator MIL-PGM-Fi, lampu latar instrumen, lampu indikator belok/ sein, meter pengukur bahan bakar)

Sistem kelistrikan sekunder ini berarti sistem yang bekerja secara terpisah dengan sistem kelistrikan utama (main system)/ sistem kelistrikan primer, sehingga ketika terjadi kegagalan tidak mengganggu kinerja sistem kelistrikan primer.

Sementara itu, sistem kelistrikan primer mendapatkan perlindungan dari main fuse 15 A, yang meliputi: sistem pengisian aki, sistem power suplai ECM-PGM-Fi, tegangan pengisi (feed) terminal 30 relay utama. Artinya, bahwa sistem injeksi bahan bakar elektronik dan sistem pengapian elektronik ditangani oleh sistem kelistrikan primer via ECM-PGM-Fi.

Lebih ringkasnya, sistem kelistrikan primer bertanggung jawab atas hidup-mati-nyamannya mesin, sementara sistem kelistrikan sekunder bertanggung jawab atas berfungsinya kelengkapan-kelengkapan tambahan sepeda motor. 

Semoga beruntung, salam (PRO).

---------------------------------------------------------

Referensi gambar relay= www.hondacengkareng.com


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO