Translate

Kenapa RPM mesin terasa tertahan di kecepatan 30-40 km jam ?

Artikel ini mengulas tentang pengalaman  motohoby yang mendapati RPM mesin terasa tertahan di kecepatan 30-40 km jam. Maksud RPM tertahan disini adalah RPM tertahan tidak segera bertambah/ naik sesuai harapan. Pengalaman ini terjadi pada honda beat PGM-Fi non ISS, buatan tahun 2013.

DIY ini diawali dari pengalaman motohoby yang merasakan respon RPM mesin yang tertahan ketika diajak berakselerasi cepat atau beban berat, sedangkan hal ini tidak terjadi ketika gas diurut secara halus/ perlahan, RPM mesin bertambah secara wajar. Lebih tepatnya gejala RPM sedikit terlambat ini HANYA terjadi direntang laju kecepatan 30-40 km/jam speedometer. Kode kerusakan sistem PGM-Fi juga tidak menyala/ berkedip pada panel meter. Yang itu berarti bahwa tidak ada gangguan pada sistem PGM-Fi nya ketika kejadian "RPM ngelag" ini terjadi. 

Hal tidak terduga ditemukan ketika motohoby mengganti aki yang sudah lemah dengan aki yang baru, beberapa minggu setelah kejadian RPM mesin terasa tertahan di kecepatan 30-40 km jam ini. Secara mengejutkan dan tidak terduga, gejala RPM tersendat di kecepatan 30-40 km/  jam tidak lagi terjadi. Respon kenaikan RPM mesin terjadi sangat menyenangkan, tanpa sedikitpun gejala ngelag. Nah dari kejadian ini motohoby menyimpulkan bahwa ada pengaruh positif terhadap performa mesin injeksi PGM-Fi setelah aki baru menggantikan aki lama.

Hal krusial yang membedakan antara aki baru dan aki lama adalah kapasitasnya (ampere per hour-Ah). Sehingga motohoby memiliki hipotesa bahwa, terjadi kebutuhan kenaikan kuat arus listrik (ampere) ketika sistem injeksi PGM-Fi ini diajak berakselerasi kasar di kecepatan 30-40 km/jam, namun kapasitas aki lama tidak sanggup menyediakannya, sehingga terjadi keterlambatan suplai arus listrik yang berdampak pada terlambatnya kenaikan RPM mesin. Hal ini tidak terjadi pada aki baru yang mampu mensuplai arus listrik sesuai kebutuhan dalam kondisi diatas karena kapasitas aki baru ini masih penuh.

Motohoby melakukan pengujian sederhana dengan memasangkan ampere meter pada salah satu kabel aki baru dan menghidupkan mesin dalam beberapa kondisi. 

Dan benar adanya bahwa ketika berakselerasi kasar/ beban berat, terjadi kenaikan kuat arus listrik yang terukur pada ampere meter

Dalam kondisi mesin berputar di RPM idle, arus litrik terukur sebesar 3,5 ampere, tapi dalam kondisi gas dibetot kasar, arus listrik terbaca 5,2 ampere. Nah berarti ada perubahan kebutuhan ampere ini sebesar 1,7 ampere dari kondisi gas RPM idle dan ketika berakselerasi kasar. 

Hasil test ampere dalam kondisi RPM idle dan ketika akselerasi/beban berat

Data hasil test ampere pada honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013

Sehingga pantas saja kalau aki lama yang sudah lemah tidak bisa menyediakan tambahan 1,7 ampere ini ketika honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013 diajak berakselerasi untuk sekedar mendahului truck/ bus. Dan ini berarti bahwa PGM Fi pada honda beat non ISS ini akan bekerja sempurna ketika kapasitas aki dalam kondisi baik. Semoga beruntung dan salam (PRO).


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi